Masih Banyak Potensi, RI-India Gencarkan Kerja Sama Baru

Menlu India Sushma Swaraj menemui Wapres Jusuf Kalla
Sumber :
  • VIVA/Fajar Ginanjar Mukti

VIVA – Indonesia dan India menjajaki peningkatan kerja sama dua negara di berbagai bidang. Penjajakan itu dilakukan melalui kunjungan Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj ke kantor Wakil Presiden Jusuf Kalla

JK Sebut Pemilu 2024 Terburuk Dalam Sejarah di Indonesia

Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI Desra Percaya menyampaikan bahwa Komisi Bersama atau joint commision kedua negara saat ini sudah mulai bekerja untuk menginisiasi potensi peningkatan kerja sama baru RI-India.

Peningkatan kerja sama terakhir terjadi pada 2011 pada masa Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang memimpin delegasi Indonesia untuk menandatangani 34 nota kesepahaman dua negara. 

JK Sebut RI Bayar Cicilan Utang Sampai Rp 1.000 Triliun per Tahun, Ini Respons Sri Mulyani

"Joint commision membahas kerja sama yang mencakup banyak hal mulai dari ekonomi, politik, sosial, budaya, people to people, hingga keamanan," ujar Desra di Kantor Wakil Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 5 Januari 2017.

Menurut Desra, rencana Presiden RI mengunjungi India juga dibahas sebagai bentuk makin eratnya hubungan kedua negara. Indonesia dan India merupakan mitra strategis dengan nilai kerja sama yang mencapai US$9 miliar pada tahun 2016.

JK: Ceramah di Indonesia Bisa Kritik Pemerintah, Negara Lain Mana Bisa

"Akan ada perubahan pada hubungan bilateral kedua negara," ujar Desra.
 

Ketua Umum DMI sekaligus Ketua Dewan Pembina Yayasan Al Markaz Al Islami HM Jusuf Kalla (JK) saat memberikan arahan kepafa pengurus baru yayasan di Masjid Al Markaz Al Islami di Jalan Masjid Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad (10/3/2024)

JK Ingatkan Umat Introspeksi Diri Sambut Ramadhan

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) HM Jusuf Kalla (JK) mengingatkan kepada umat Muslim untuk mengintrospeksi diri menyambut Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2024