Tiba di Indonesia, Menhan AS Disambut Upacara Militer

Kunjungan Menhan AS disambut dengan upacara militer.
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

VIVA – Kedatangan Menteri Pertahanan AS James Norman Mattis ke Indonesia disambut upacara jajar kehormatan di halaman Gedung Jenderal Soedirman, Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa 23 Januari 2018.

AS Perpanjang Pembebasan Tarif Bea Masuk untuk Indonesia

Mattis yang bertandang ke kantor Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu tersebut, berencana membahas sejumlah agenda penting khususnya kerja sama pertahanan antardua negara.

Sebelum melakukan pertemuan, pantauan VIVA, Mattis yang dijuluki negara asalnya 'Mad Dog' sempat mengecek pasukan dalam prosesi upacara jajar kehormatan. Mattis dan Ryamizard, kompak mengenakan jas hitam dalam pertemuan formal tersebut.

Jimly Asshiddiqie: Menlu AS Datang Bujuk RI Tak Berpihak ke China

Tampak mendampingi menteri Pertahanan RI, yakni Sekjen Kemenhan Marsekal Madya TNI Hadiyan Sumintaatmadja dan Inspektorat Jenderal Kemenhan Letjen TNI Agus Sutomo.

Sebelumnya, Ryamizard menyatakan, kedatangan pejabat pertahanan negara adi kuasa itu ke Tanah Air salah satu yang  menjadi fokus pembahasan ialah di bidang keamanan.

DPR Ingatkan Prabowo Jangan Beli Jet Tempur Bekas

Kedua negara sepakat, penanganan kontra terorisme bakal lebih intensif dilakukan lantaran menjadi ancaman serius bagi dunia.

Selain itu, mantan kepala staf TNI AD itu menyampaikan, kerja sama dilakukan untuk menguatkan kemitraan dalam hal pengadaan alat utama sistem persenjataan.

"Karena musuh kita satu, ya teroris. Dengan banyak mata kita bisa pasti (tahu) di mana tempatnya," kata Ryamizard, Senin 22 Januari 2018. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya