Bupati Yahukimo Desak Tangkap Penyayat Leher Staf KPU hingga Tewas

Jenazah staf KPU Yahukimo Papua diterbangkan ke Banyumas.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aman Hasibuan

VIVA – Bupati Yahukimo, Abock Busup, minta aparat Kepolisian segera mengungkap dan menangkap pelaku kasus pembunuhan staf KPU Yahukimo bernama Henry Jovinski (24 tahun). Dia dibunuh Orang Tak Dikenal (OTK) di Jalan Gunung, Distrik Dekai, Papua, pada Selasa, 11 Agustus 2020.

Wanita Open BO di Dermaga Pulau Pari Dilaporkan Hilang Sebelum Ditemukan Tewas

“Kami serahkan kasus pembunuhan ini kepada Polres Yahukimo dan Polda Papua. Saya minta Polisi segera mencari dan menangkap pelaku. Kita serahkan semua masalah kasus ini pada aparat keamanan,” kata Bupati Yahukimo, Abock Busup, pada Kamis 13 Agustus 2020 melalui telepon selulernya.

Bupati menjelaskan, pembunuhan tersebut diduga tidak ada kaitannya dengan permasalahan pribadi maupun politik. Namum merupakan kriminal murni karena almarhum adalah ASN KPU Kabupaten Yahukimo.

Ada Luka di Dada hingga Leher pada Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari

“Jadi saya sudah minta kepada pihak Kepolisian tangkap pelakunya dan proses hukum. Pembunuhan ini tidak ada kaitanya dengan  pilkada 2020,” tegas Bupati Abock Busup.

Ia menduga motif pembunuhan ini karena ada kecurigaan dari orang tak dikenal tersebut bahwa almarhum merupakan bagian dari aparat keamanan apabila dilihat dari pakaiannya.

Minta Uang Buat Bayar Utang dan Cicilan Motor, Fitri Tewas di Tangan Mantan Suami

“Pelaku curiga dia mata-mata aparat keamanan, apalagi sekarang ini ada sebagian masyarakat yang menyatakan mau kembalikan otsus (otonomi khusus). Jadi sekarang itu banyak kecurigaan dari masyarakat,” kata dia.

Bupati mengimbau kepada masyarakat Yahukimo agar tidak mencurigai petugas-petugas yang ada di Yahukimo secara berlebihan karena kehadiran mereka di sana tak lain adalah untuk membantu pemerintah.

Sebelumnya pada hari Selasa, 11 Agustus 2020, pukul 15:300 WIT di Kali T, Jalan Gunung, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, telah terjadi penganiayaan berat terhadap staf KPU Yahukimo atas nama Henry Jovinski yang mengakibatkan korban tewas di lokasi kejadian.

Korban  mengalami luka tusuk benda tajam pada bagian dada kiri dan punggung kiri serta luka sayatan pada bagian leher. Melihat kejadian tersebut, saksi dilaporkan melarikan diri untuk mencari pertolongan. Namun pada saat kembali ke lokasi kejadian sudah menemukan korban dalam kondisi tergeletak dan tak lagi bernyawa. (ren)

Baca juga: Viral Ikan Mas 15 Kg Ditangkap di Danau Toba, Dikait-kaitkan Musibah
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya