Dugaan Hoax Anji dan Hadi Pranoto, Dua Ahli Diperiksa Polisi

Hadi Pranoto (kanan) mendatangi Polda Metro Jaya guna menjalani pemeriksaan
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

VIVA - Polisi telah memeriksa beberapa saksi ahli terkait kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoax dengan terlapor musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji dan Hadi Pranoto. Saksi ahli yang telah dimintai keterangannya adalah ahli sosiologi hukum hingga ahli pidana.

Cara Mahasiswi Cantik Tipu Korban Tiket Konser Coldplay hingga Raih Rp 1,2 Miliar

"Kami periksa baik itu ahli sosiologi hukum, ahli hukum pidana," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus, kepada wartawan, Rabu, 9 September 2020.

Baca juga: Polisi Ultimatum Hadi Pranoto: Tidak Ada Panggilan Ketiga

Polisi Cokok Mahasiswi Pelaku Penipuan Tiket Coldplay yang Raup Untung hingga Rp1,2 M

Sebelumnya, polisi diketahui telah memeriksa Anji sebagai terlapor. Kemudian, yang terbaru kemarin polisi memeriksa Hadi Pranoto sebagai terlapor. Hadi baru memenuhi panggilan kemarin setelah dua kali tidak hadir. Di mana Hadi beralasan sakit.

"Juga pemeriksaan terhadap terlapor yang satu ya itu sebagai pemilik akun Dunia Manji inisialnya A. (HP) hari ini kita masih lakukan pemeriksaan, kita tunggu saja hasil dari pemeriksaan nanti,” kata Yusri.

Modus Tipu-tipu Masuk TNI-Polri, Nina Wati Dilaporkan Bikin Korban Rugi hingga Rp1 Miliar

Klaim penemuan obat herbal penyembuh COVID-19 ala Hadi Pranoto diunggah ke channel YouTube @duniamanji. Hal itu menimbulkan polemik lalu dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan pelanggaran tindak pidana ITE dan/atau menyebarkan berita bohong.

Hadi Pranoto dan Anji dilaporkan berdasarkan laporan polisi nomor: LP/4538/VII/Yan 2.5/2020/SPKT PMJ tanggal 3 Agustus 2020, terkait tindak pidana bidang ITE dan atau menyebarkan berita bohong yang diatur dalam Pasal 28 ayat 1 juncto Pasal 45A UU RI Nomor 19 Tahun 2016 dan atau Pasal 14 dan 15 UU RI Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. (lis)

ilustrasi pelaku penipuan

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Seorang pria bernama Aji mengalami nasib nahas ketika dirinya hendak membelikan sebuah mobil untuk sang ayahnya.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024