Bakar ATM dan Aniaya Polisi di Yahukimo Papua, Anggota KNPB Ditangkap

Ilustrasi penangkapan pelaku kejahatan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

VIVA – Jajaran Polda Papua menangkap satu pelaku kasus pembakaran gerai ATM dan berbagai tindakan kekerasan di Kabupaten Yahukimo, Papua, Rabu 16 September 2020. Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dalam keterangannya kepada wartawan mengatakan pelaku sudah ditahan di Mapolres Yahukimo.

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

“Pelaku berinisial KY kita tangkap kemarin di Dekai dan sudah ditahan di Polres Yahukimo,” kata Paulus, Kamis, 17 September 2020.

Baca juga: Penusuk Syekh Ali Jaber Negatif Narkoba dan Tidak Gangguan Jiwa

Usai Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng

Paulus menjelaskan, pelaku KY juga merupakan salah satu anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang ikut melakukan aksi kekerasan di daerah setempat yakni penyerangan terhadap anggota Polri dan pembakaran gerai ATM.

Selain itu, kata Paulus, pelaku juga diduga turut dalam kelompok yang melakukan kekerasan yang menewaskan tiga warga sipil selama bulan Agustus 2020.

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

Ketika ditanya tentang pelaku utama pembunuhan berinisial SS, menurut Kapolda, tim gabungan saat ini masih melakukan pengejaran terhadap pelaku yang sudah dimasukkan dalam daftar pencaharian orang (DPO). 

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa segera ditangkap sehingga kasusnya dapat terungkap termasuk motifnya. Kita ingin menggali apa latar belakang kekerasan yang dilakukan pada seorang penyelenggara Pemilu,” katanya.

Sebelumnya, lanjut dia, ada tiga orang yang ditangkap terkait dengan sejumlah aksi kekerasan yang dilakukan di Yahukimo terhadap anggota maupun gerai ATM. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya