Terungkap, Napi China yang Kabur Sudah Susun Rencana 6 Bulan

Napi China kabur lewat gorong-gorong
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Narapidana asal China bernama Cai Changpan alias Cai Ji Fan bikin geger karena kabur dari Lapas Klas I Tangerang, Banten. Cau Changpan diduga sudah merencanakan pelariannya sejak enam bulan lalu.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

"Dia sudah melakukan (perencanaan) kurang lebih lima sampai enam bulan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Senin, 21 September 2020.

Hal ini diketahui dari keterangan teman satu sel Cai Changpan. Alat yang digunakan Cai Changpan kabur didapatnya dari lokasi pembangunan dapur di dalam penjara. 

China Gelar Kompetisi Sunat Online, Diikuti Puluhan Dokter Bedah

Baca Juga: Polda Metro Bentuk Tim Buru Napi China yang Kabur

Meski begitu, Yusri tidak merinci benda apa yang diperoleh Cai Changpan yang digunakan untuk menggali lubang hingga keluar lapas. "Memang di dalam sel lapas itu sedang ada pembangunan dapur," ucap dia.

Mobil Baru BYD Rp200 Jutaan Mulai Dikirim ke Diler

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Hukum dan HAM membentuk tim khusus untuk melakukan investigasi terkait dengan kaburnya seorang narapidana asal China dari Lapas Klas I Tangerang. Humas Ditjen Pemasyarakatan, Rika Aprianti, mengatakan hingga kini pihaknya masih menyelidiki kasus tersebut.

Pun, Polda Metro Jaya juga sudah membentuk tim guna menangkap Cai Changpan.

"Kami bentuk tim bersama-sama untuk mengejar yang bersangkutan. Tapi, saya tidak bisa melihatkan seperti apa teknis yang dilakukan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Senin, 21 September 2020.

Tim sudah mulai memburu si napi yang kabur tersebut. Tim gabungan terdiri dari anggota Polda Metro Jaya, Ditlantas, Polres Tangerang hingga Lapas Tangerang. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya