Bangunan Liar Sepanjang Jalur Kereta Bandara Akan Digusur

Kereta Bandara Soekarno Hatta
Sumber :

VIVA – Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan akan menertibkan jalur yang dilalui kereta bandara dari Manggarai-Soekarno Hatta. Penertiban ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan penumpang. 

Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato Gorontalo Senilai Rp437 Miliar

"Supaya penumpang bisa nyaman saat melihat pemandangan di luar," kata Direktur Keselamatan Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, Edi Nursalam di kantornya, Jakarta, Kamis 15 Februari 2018.

Hingga saat ini, di beberapa daerah yang dilalui kereta bandara masih nampak bangunan liar. Sehingga nampak kumuh dilihat oleh penumpang kereta bandara. 

Kemenhub Tambah Kapal di Rute Panjang-Ciwandan Demi Urai Arus Balik Mudik, Catat Jadwalnya!

"Kita akan lakukan penataan dan penertiban jalur dari Manggarai sampai Batu Ceper. Tahap awal Tanah Abang-Duri," ujarnya.

Untuk melakukan penertiban itu, Kementerian Perhubungan terus melakukan koordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia, Pemerintah Daerah, TNI dan Polri. Karena instansi tersebut yang secara teknis nanti akan melakukan penertiban.

Sopir Bus Dianjurkan Tak Berkendara Lebih dari 4 Jam saat Antar Pemudik

Sementara itu, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikar menambahkan, pihaknya juga tengah menggenjot program quick wins, salah satunya penertiban perlintasan liar yang rawan kecelakaan dan kemacetan. 

"Ini terkait peningkatan keselamatan. Kita harapkan dengan penertiban ini kita harapkan kecelakaan turun signifikan. Idealnya zero kecelakaan," ungkapnya.

Zulkifli menambahkan, penertiban perlintasan liar ini merupakan bagian dari tahap awal yang akan dilakukan.

"Idealnya underpass atau fly over," ujarnya. (mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya