Cerita Saksi Mata Jokowi dan Anies di 'Insiden Paspampres'

Presiden Jokowi dan Gubernur DKI, Anies Baswedan di Final Piala Presiden
Sumber :
  • Instagram Anies Baswedan

VIVA – Anggota Steering Committee (SC) Piala Presiden 2018, M Misbakhun, menilai tidak ada unsur kesengajaan yang dilakukan Pasukan Pengaman Presiden, sehingga Gubernur DKI Anies Baswedan, tidak diizinkan mengikuti rombongan Presiden Jokowi, saat menyerahkan trofi juara ke Persija Jakarta, di Gelora Bung Karno, Sabtu 17 Februari 2018.

Anies Unggah Foto Bareng Cak Imin, Jubir Timnas Sebut Bahas Rekapitulasi KPU Jelang Pengumuman

Insiden itu terekam dalam video yang menjadi viral di media sosial. Saat Anies hendak ikut turun dari panggung VVIP, seorang anggota Paspampres melarangnya untuk ikut. Hingga, mantan Mendikbud itu terpaksa kembali ke kursinya.

"Paspampres tentu hanya menjalankan SOP (standard operating procedure, red) dalam menjalankan tugas sesuai yang diatur oleh protokoler yang sudah ada di protap,” kata Misbakhun di Jakarta, Minggu 18 Februari 2018.

Airlangga Sebut Belum Ada Pembicaraan soal Jokowi Bakal Pimpin Koalisi Besar

Politikus Partai Golkar itu bahkan mengaku, antara Jokowi dan Anies sangat akrab saat menonton laga Persija melawan Bali United itu. Misbakhun yang turut berada di dekat keduanya, mengatakan Jokowi bahkan menghampiri Anies ketika tim ibukota itu berhasil membobol gawang lawannya.

"Saya saksi mata banyak momen tersebut di stadion GBK saat final Piala Presiden 2018, baik itu saat di ruang tunggu maupun di bangku VVIP stadion," kata Misbakhun.

Netralitas Jokowi saat Pemilu Disorot di Sidang PBB, Airlangga Bilang Begini

Maka ia pun meminta, agar persoalan ini tidak dibawa ke masalah penzaliman dari rezim yang dipimpin Presiden Jokowi.

"Karena secara pribadi, Pak Jokowi dengan Mas Anies Baswedan tidak ada persoalan apa pun," kata dia.

Bahkan, politisi asal Pasuruan Jawa Timur itu mengaku melihat banyak momen  keakraban Jokowi dengan Anies. Dia juga yakin sejumlah pejabat melihat itu seperti Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD Oesman Sapta, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua BPK Moermahadi Soerja, Menkopolhukam Wiranto, Menpora Imam Nahrawi, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BIN Budi Gunawan dan Wakapolri Komjen Syafruddin juga hadir menyaksikan final Piala Presiden 2018 dan duduk di kursi VVIP.  

"Presiden Jokowi juga mengucapkan selamat kepada Gubernur DKI Bapak Anies Baswedan saat Persija Jakarta menjadi juara setelah mengalahkan Bali United. Banyak sekali momen-momen penting di final Piala Presiden 2018 yang bisa menggambarkan bahwa semua berjalan dalam suasana yang sangat hangat dan penuh kekeluargaan," ujarnya. (ren)

Baca: Alasan Paspampres Larang Anies Ikut Jokowi di GBK

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya