Cegah Kebocoran, Katup Pipa Gas Depan Kantor BNN Ditutup

Petugas tengah menangani kebocoran pipa gas di depan kantor BNN
Sumber :
  • Twitter BPBD DKI

VIVA – PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) merespons cepat kejadian pipa gas bumi yang bocor di Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur. Tak lama sejak kejadian pipa gas bocor sekitar pukul 20.00 WIB, Tim Cepat Tanggap dari PT PGAS Solution (PGASOL) sudah berada di lokasi.

Gempa Turki Picu Kebakaran di Pelabuhan Iskenderun, Ratusan Kontainer Hangus

"Informasi sementara yang kami peroleh, gas bocor akibat terkena pekerjaan galian proyek LRT," kata Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama, dalam keterangan resmi diterima VIVA di Jakarta, Senin malam, 12 Maret 2018.

Rachmat mengatakan, pipa gas bumi milik PGN di lokasi tersebut sudah melalui tes pit dan PCM. Namun, kejadian ini bukan yang pertama kali, pipa gas PGN terkena proyek LRT. Seperti kejadian sebelumnya, pelaksana subkontraktor proyek LRT tidak berkoordinasi dengan kontraktor proyek.

6 Korban Luka Bakar Ledakan Pipa Gas PetroChina Jambi Dirujuk ke Jakarta

"Saat ini yang terpenting, tim di lapangan sudah mengamankan kebocoran, dengan tindakan awal kami adalah menutup valve di depan BNN, Cawang, dan Rusun Bidara Cina," katanya.

Akibat kebocoran tersebut, Rachmat mengatakan, sejumlah pelanggan gas bumi PGN bakal terdampak. "Mereka terutama pelanggan di Rusun Bidara Cina dan Kalibata," ujarnya.

Pipa Gas PetroChina Jambi Meledak, 8 Pekerja Alami Luka Bakar Serius

Untuk mengantisipasi terhentinya pasokan gas akibat tindakan pengamanan kebocoran ini, Tim PGASOL akan melaksanakan skema buka tutup valve. "Tujuannya untuk menjaga supaya gas tidak keluar dan tidak banyak lokasi terdampak penghentian sementara ini," ujarnya.

Saat ini, di lokasi kejadian sudah diberi perimeter. Lalu lintas di lokasi tersebut juga ditutup untuk sementara waktu. "PGN juga terus berkoordinasi dengan pihak berwajib dan stakeholder terkait di lokasi," tutup Rachmat.

Ledakan Pipa Gas Bawah Tanah Buat Jalanan di Afrika Selatan Terbelah Dua

Penampakan Jalanan Terbelah Dua Akibat Pipa Gas Bawah Tanah Meledak di Afrika Selatan

Sebuah video menunjukkan jalan utama terbelah lebar akibat ledakan, di wilayah Afrika Selatan.

img_title
VIVA.co.id
21 Juli 2023