Kendaraan Arus Balik via Tol Merak Diprediksi Naik 18 Persen

Gerbang Tol Cikupa di Tangerang, Banten.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – PT Marga Mandala Sakti memprediksi peningkatan volume kendaraan, terutama kendaraan pribadi yang melalui Tol Tangerang-Merak, meningkat sebesar 18,05 persen. Paling banyak dari arah Merak menuju Jakarta.

Bus dan Truk Padati Pelabuhan Bakauheni, Melonjak dibandingkan Sehari Sebelumnya

"Puncak arus balik diprediksi jatuh pada H+7 dan H+8 atau hari Sabtu dan Minggu ini. Perkiraan kami, puncak arus balik diikuti dengan penyeberangan di Pelabuhan Merak yang ramai malam nanti," kata Kepala Divisi Hukum dan Humas PT Marga Mandalasakti, Indah Permanasari, pada Selasa, 19 Juni 2018.

Dibandingkan rata-rata harian normal atau sebanyak 165.475 kendaraan, puncak arus balik Lebaran juga dipengaruhi oleh arus wisata dengan data yang tercatat 51.199 kendaraan. Sebagian besar berasal dari kawasan wisata pantai Anyer dan Carita.

Menhub Siapkan Opsi Lima Kapal TBB Hadapi Lonjakan Arus Balik di Bakauheni

Penetrasi pengguna uang elektronik pada arus balik diprediksi mencapai 96,5 persen. Sebelumnya pada periode diskon arus mudik, penetrasi pengguna uang elektronik mencapai 96,75 persen persen atau sebanyak 1.346.984 kendaraan.

"Tol menerima pembayaran menggunakan kartu uang elektronik, baik untuk gerbang tol manual maupun GTO dengan menggunakan e-money Bank Mandiri, TapCash BNI, Brizzi BRI, Blink BTN dan Flazz BCA. Itu juga mempercepat arus lainnya terkait dengan transaksi," katanya.

Persiapan Layani Arus Balik, GM PLN Banten Pastikan Operasional SPKLU Jalur Mudik Tol Jakarta-Merak

Upaya antisipasi antrean pun juga akan dilakukan dengan penyiagaan personel tambahan pada setiap gardu sebanyak 10 petugas atau rekayasa lalu lintas, terutama menuju lokasi wisata di Banten.

Pelabuhan Merak

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

Pemudik yang sudah kembali dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa terhitung antara 11-16 April 2024 belum sepenuhnya kembali. Baru sekitar 79 persen atau sekitar 656.622 orang

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024