Polantas Penilang di Flyover Casablanca Ternyata Polisi Palsu

Joseph (tanpa helm) saat diringkus polisi.
Sumber :
  • TMC Polda Metro Jaya

VIVA – Pernahkah Anda ditilang pria berpakaian polisi ini saat melintas di Jalan Layang Non-Tol alias Flyover Casablanca, Jakarta Selatan? Jika pernah, tahukah, sebenarnya pria ini bukan polisi asli.

Mudik Naik Sepeda Motor Bakal Diikuti Polisi Hingga ke Pelabuhan Ciwandan

Pria ini bernama Joseph Anugerah, usianya 20 tahun. Dia ternyata cuma polisi palsu alias gadungan saja.

Kedok pria yang masih berstatus mahasiswa ini terkuak setelah diringkus polisi saat memeras pengendara di ruas JLNT Casablanca.

Kecelakaan Beruntun di GT Halim Ternyata Libatkan 7 Kendaraan, 3 Gardu Ditutup Sementara

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, selama menjadi polisi palsu, sudah banyak pengendara yang jadi korban penipuannya.

Selama ini modus yang dilancarkan Joseph dalam beraksi ialah dengan cara memberhentikan kendaraan yang keluar dari kawasan apartemen menuju JLNT.

Ugal-ugalan di Jalan, Pengemudi Brio Tabrak Polisi di Banjarmasin

"Pelaku langsung memberhentikan dan menanyakan surat-surat kelengkapan pengemudi tersebut dan apabila tidak bisa menunjukkan surat-surat tersebut oleh pelapor setiap mobil yang di berhentikan olehnya di mintai uang sejumlah Rp50 ribu," ujar Argo, Senin 16 Juli 2018.

Pelaku mengaku melakukan aksinya sudah sebanyak tiga kali di waktu sekitar pukul 17.00-18.00 WIB. Dari ketiga kali aksinya, pelaku mendapatkan uang ratusan ribu rupiah.

"Pelaku mengaku mencari uang untuk digunakan kebutuhan sehari-hari. Pelaku terancam Pasal 378 KUHP tentang penipuan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya