Polantas Palsu di Jalan Layang Casablanca Ternyata Mahasiswa

Ilustrasi Razia pengendara roda dua di Jalan Layang Non Tol ( JLNT ) Casablanca
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Aparat Subdit Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya telah menetapkan Joseph Anugrah (20 tahun) sebagai tersangka dalam kasus dugaan pungutan liar. Modus tersangka melakukan pungli itu yakni berpura-pura sebagai polisi lalu lintas.

Motor Pelat Polri Melintas tapi Sipil Ditilang Saat Lewat JLNT Casablanca, Begini Kata Polisi

"Ya sudah tersangka dan kami tahan," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Senin 16 Juli 2018.

Status Joseph ditingkatkan menjadi tersangka setelah anggota Cakra Respond (CPR) Ditlantas Polda Metro Jaya melaporkan Joseph terkait kasus penipuan ke Subdit Jatanras Polda Metro Jaya. 

Lebih dari 30 Pemotor Lawan Arah di JLNT Casablanca, Diduga Hindari Polisi

Selain melakukan penangkapan, polisi juga telah menyita atribut Polri seperti rompi hijau stabilo, pangkat Brigadir Polri dan sepatu yang digunakan Joseph saat melancarkan aksi pungli kepada para pengendara. Uang sebesar Rp520 ribu juga ikut disita terkait penangkapan Joseph yang statusnya masih mahasiswa.

Dalam kasus ini, Joseph dijerat Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dan terancam pidana maksimal 4 tahun penjara.

Terkuak, Alasan Pemotor Kerap Nekat Terobos JLNT Casablanca

Sebelumnya, Joseph ditangkap tim CPR Ditlantas Polda Metro Jaya di kawasan Jalan Layang Non Tol Casablanca, Jakarta Selatan, Minggu 15 Juli lantaran dicurigai sebagai polisi gadungan. Saat dilakukan penangkapan, polisi juga menyita uang ratusan ribu rupiah yang diduga merupakan hasil pungli.

Kasus praktik pungli polisi gadungan itu juga viral di media sosial setelah akun Twitter resmi @TMCPoldaMetro mengunggah rekaman berdurasi 1 menit 25 detik tersebut. 

Dalam rekaman itu, terlihat Joseph mengenakan rompi hijau stabilo lengkap dengan pangkat di bahu. Selain itu, Joseph juga menggunakan topi dan sepatu khas polisi.

Setelah diinterogasi petugas, pemuda itu langsung digelandang ke Polda Metro Jaya untuk penindakan hukum lebih lanjut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya