Joseph Jadi Polantas Gadungan dan Tiga Kali Beraksi di Casablanca

Joseph Anugerah (20) polisi lalu lintas gadungan yang digelandang ke Polda Metro
Sumber :
  • @tmcPoldaMetro

VIVA – Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono mengatakan kalau Joseph Anugerah (20) Polisi Lalu Lintas gadungan yang melakukan pungutan liar (pungli), bukan cuma sekali melakukan aksinya di Casablanca.

Terungkap, Wanita Open BO Ditemukan Tewas di Pulau Pari Dibunuh di Bekasi

"Yang bersangkutan sudah tiga kali melakukan kegiatan (pungli) yakni tanggal 12, 13 dan 15 juli 2018," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Senin 16 Juli 2018.

Ketiga aksinya itu dilakukan di lokasi yang sama, yaitu di Jalan Layang Non Tol Casablanca, Jakarta Selatan. Aksi dia terbongkar ketika Polantas yang tengah berada di sana menanyakan dirinya dari satuan mana. Namun, yang bersangkutan tidak bisa menjawabnya.

Polisi Ungkap Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Diduga Menistakan Agama

Atas dasar itulah akhirnya Joseph diamankan ke Polda Metro Jaya. Saat diperiksa polisi, benar saja dia bukan polisi sungguhan melainkan hanya seorang mahasiswa. Joseph kini telah ditetapkan jadi tersangka dan ditahan di Polda Metro Jaya

"Sementara yang dilakukan hanya di JLNT Casablanca, tiga kali melakukannya dan sekarang ditangani oleh Ditreskrimum untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," katanya.

TikToker Galih Loss Resmi Ditahan, Terancam Hukuman Penjara 6 Tahun

Sebelumnya, Joseph yang merupakan warga Tebet, Jakarta Selatan, ditangkap tim CPR Ditlantas Polda Metro Jaya di kawasan Jalan Layang Non Tol Casablanca, Jakarta Selatan, Minggu 15 Juli 2018. Dia dicurigai sebagai polisi gadungan dan melakukan pungli. Saat dilakukan penangkapan, polisi juga menyita uang ratusan ribu rupiah yang diduga merupakan hasil pungli.

Kasus praktik pungli polisi gadungan itu juga viral di media sosial setelah akun twitter resmi @TMCPoldaMetro mengunggah rekaman berdurasi 1 menit 25 detik tersebut. Dalam rekaman video, Joseph juga sempat menunjukan kartu anggota Polri yang dipastikan palsu.

Dalam rekaman itu, terlihat Joseph mengenakan rompi hijau stabilo lengkap dengan pangkat di bahu. Selain itu, Joseph juga menggunakan topi dan sepatu khas polisi.

Setelah diinterogasi petugas, pemuda itu langsung digelandang ke Polda Metro Jaya untuk penindakan hukum lebih lanjut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya