Polisi Pasang Dua CCTV untuk Uji Coba Tilang Elektronik di Jakarta

Larangan Sepeda Motor sempat berlaku di beberapa ruas jalan Kota Jakarta.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Polisi memasang dua unit kamera pengawas atau CCTV untuk uji coba tilang secara elektronik atau Electronic Law Traffic Enforcement (E-LTE) di ruas Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin, Jakarta. Dua CCTV itu disinkronkan dengan sistem di kantor polisi.

Kakorlantas: 4 Ribu lebih Pengendara Kena Tilang Ganjil Genap saat Arus Mudik Lebaran 2024

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metropolitan Jakarta Raya, Komisaris Besar Polisi Yusuf, kamera-kamera itu dipasang di sekitar Bundaran Patung Kuda dan kawasan Sarinah Thamrin Plaza. Namun, personel polisi juga tetap disiagakan di lokasi.

Setelah nanti dikoneksikan, kata Yusuf, polisi akan menguji coba pada Oktober 2018. Dalam uji coba nanti polisi akan melihat mekanisme pelaksanaan tilang elektronik mulai dari pelanggaran hingga penindakan.

Polri Sebut 199 Kecelakaan Terjadi pada Hari Raya Idul Fitri, 41 Orang Meninggal Dunia

"Kamera nanti memfoto langsung connect ke back office, kemudian konfirmasi pada mobil sesuai data. Kalau memang betul dia yang pakai, nanti ditilang," kata Yusuf di Markas Polda Metro Jaya, Senin, 24 September 2018.

Tilang secara elektronik itu, katanya, hanya akan diberlakukan terhadap kendaraan bernomor polisi B atau Jakarta dan sekitar. Sementara itu, kendaraan bernomor polisi lain ditindak langsung oleh petugas.

Cek Pelat Nomor Dulu Sebelum Mudik Agar Terbebas Tilang Elektronik Ganjil Genap di Tol

"Nanti setelah ini jalan, saya sudah lapor kakorlantas (kepala Korps Lalu Lintas Polri) langsung kita tarik connect-nya. Data seluruh Indonesia masuk ke tempat saya juga," katanya.

Pemudik yang meninggalkan Jakarta lewat Gerbang Tol Cikampek Utama

4 Ribu Pengendara Kena Tilang Ganjil Genap saat Mudik Lebaran 2024, Netizen: Panen!

Rribuan pengendara yang kena tilang itu saat ini sudah diketahui alamat rumahnya. Tapi baru sebanyak 1.534 pelanggar yang diketahui alamatnya dan dikirimkan surat tilang.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024