Setelah Kalimalang di Bekasi, Kali Ciliwung Depok Bakal Dipercantik

Banjir merendam Jakarta dan Depok akibat luapan sungai Ciliwung
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA – Pemerintah Provinsi Jawa Barat bakal menata ulang Kali Ciliwung yang melintas Kota Depok, menyusul Kalimalang di Bekasi. Program seperti itu bakal dilakukan secara bertahap dan merata di sejumlah daerah di kawasan Jawa Barat.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan bahwa Kali Ciliwung di Depok sudah konsep penataan, seperti halnya Kalimalang dan Citarum.

“Jadi jangan hanya sungai Citarum yang diramaikan, sementara Jawa Barat bukan hanya Citarum. Kan Depok juga ada sungai. Jadi semua kita sama ratakan, ya,” katanya saat ditemui di kawasan Cimanggis, Depok, pada Kamis 27 September 2018

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

Penataan Kali Ciliwung sudah dikoordinasikan dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC). Namun, dia mengakui, memang belum ada respons konkret dari BBWSCC, karena tentu saja memerlukan kajian mendalam.

Menurut Uu, sebelum penataan hal yang terpenting adalah memikirkan masyarakat yang belum sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan. “Kita mulai sadarkan dahulu, nih, masyarakatnya untuk tidak buang sampah sembarangan, lalu kita lihat sodetan-sodetan yang ada di sungai ini,” katanya.

Polisi Jaga Titik Perbatasan Jakarta Antisipasi Konvoi Malam Tahun Baru

Saat disinggung tentang kesiapan Pemprov Jabar untuk membantu anggaran itu, Uu mengklaim sudah dialokasikan. "Kita (Pemerintah Provinsi Jawa Barat) siap keluarkan anggarannya buat Depok. Kan, itu memang sudah dianggarkan.” (ren)

Pemudik motor memadati jalur Bekasi arah Karawang-Cikampek

Pemudik Motor Arah Pantura Mulai Padati Jalur Kalimalang, Polisi Wanti-wanti Barang Bawaan

 Ribuan pemudik yang menggunakan mulai memasuki jalur Kalimalang menuju pantai utara, Jumat malam 5 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024