Anies Baswedan Ganti Nama Ok Otrip Jadi Jak Lingko

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.
Sumber :
  • VIVA/ Dinia Adrianjara .

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengganti nama Ok Otrip menjadi Jak Lingko. Nama baru integrasi transportasi di Jakarta itu diumumkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung Balaikota, Jakarta Pusat, Senin, 08 Oktober 2018.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

Anies mengatakan, nama Jak Lingko ini diambil dari kosa kata Bahasa Indonesia yang baru dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia pada Oktober 2018. Nama ini mencerminkan identitas bangsa.

"Kenapa Jak Lingko, kita ingin  yang mendengar namanya, bisa tercermin maknanya, maknanya itu dapat mencerminkan identitas bangsa Indonesia," kata Anies Baswedan.

Sinyal Anies Maju Pilkada DKI 2024, PKS: Kalau Memang Cocok, Why Not?

Selain itu, Anies juga menceritakan jika nama Lingko berasal dari bahasa Nusa Tenggara Timur. Nama tersebut sangat pantas, untuk menggantikan nama Ok Otrip.

Ia juga berharap dengan nama Jak Lingko, dapat diterima baik dan dapat menjadi cerminan transportasi berintegrasi di Jakarta. Tapi saat ini belum ada logo resmi dari Jak Lingko.

Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies

"Lingko adalah sistem terintegrasi seperti jejaring, yang dulu digunakan untuk distribusi air di Nusa Tenggara Timur. Harapannya di bulan Oktober ini menjadi awal sistem yang integrasinya transportasi yang lebih besar," ujar Anies.

Ada sebelas operator bus kecil yang bergabung dengan Jak Lingko. Mereka adalah Budi Luhur, Koperasi Wahana Kalpika, Lestari Sukma Gema Persada, Puskopau Halim Perdana Kusuma, Kompamilet Jaya, Komilet Jaya dan Komika Jaya. (mus)

Thomas Lembong atau Tom Lembong

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

Thomas Trikasih Lembong, atau yang dikenal sebagai Tom Lembong, memilih tetap setia bersama Anies Baswedan. Walau, di Pilpres 2024, Anies dengan Muhaimin Iskandar, kalah.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024