Guru Honorer Tangerang Mogok Mengajar

Kegiatan belajar mengajar di salah satu sekolah di Tangerang
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Sejumlah guru honorer di wilayah Kabupaten Tangerang menggelar aksi cuti bersama kegiatan belajar mengajar. Mereka mogok untuk menuntut pemerintah pusat guna pengangkatan pangkat menjadi pegawai negeri sipil.

Pemkab Tangerang Benarkan PNS Mereka Ditangkap Densus

Akibatnya, sejumlah sekolah yang berada di Tangerang harus melakukan sistem yang berbeda agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan dengan lancar.

Salah satunya di SDN Pangadegan II, Kampung Dadap, Desa Pangadegan, Kecamatan Pasar Kemis, Tangerang. Sebanyak lima guru berstatus PNS dan satu kepala sekolah setempat, harus mengajar 499 murid lantaran, 11 pegawai honorer yang berada di sekolah tersebut menggelar aksi.

Ditangkap Densus, Status PNS di Kabupaten Tangerang Tersangka Teroris

"Meski guru honorer di sini sedang memperjuangkan haknya, kami tetap melakukan kegiatan belajar mengajar seperti biasa dengan jumlah 13 rombongan belajar," kata Kepala SDN Pangadegan II, Yuyun, Senin, 15 Oktober 2018.

Sistem yang diberlakukan yakni, satu guru nantinya akan mengajar dua kelas sekaligus. Untuk mempermudah proses pembelajaran, setiap anak akan diberikan tugas selagi pengajar mengajar di kelas lain.

PNS di Kabupaten Tangerang Ditangkap Densus 88

"Ini harus dilakukan supaya anak-anak kami mendapatkan haknya," ujarnya.

Aksi dari cuti bersama tersebut juga ditunjukkan dengan pemasangan spanduk tepat di halaman sekolah. Spanduk bertuliskan permohonan maaf terkait dengan aksi yang dilakukan para guru honorer, bahkan tertera aksi akan dilakukan selama dua pekan ke depan.

"Semoga besok tidak aksi lagi dan bisa mengajar seperti biasa," ungkap Yuyun.

Di lain hal, ratusan guru honorer di Kabupaten Tangerang pun bergerak melakukan aksi ke DPRD Kabupaten Tangerang. Para guru yang rata-rata telah mengabdi selama belasan tahun tersebut menyampaikan aspirasi soal pengangkatan pangkat untuk dapat disampaikan pada pusat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya