Anggota DPRD DKI Setuju Tanggul Laut Raksasa Bisa Multifungsi

Warga berjalan di samping proyek pembangunan tanggul pengaman pantai di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Pembangunan tanggul laut raksasa atau giant sea wall disarankan untuk diambil oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Nama program terkait proyek itu adalah National Capital Integrated Coastal Development (NCICD)

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Abdul Aziz, mengaku lebih setuju proyek pembangunan tanggul laut raksasa itu dilakukan oleh pemerintah pusat. Alasannya, agar tanggul tersebut bisa memiliki banyak fungsi sehingga tidak hanya sebatas untuk menahan gelombang banjir rob saja.

"Saya pribadi sepakat fungsinya lebih banyak, bukan cuma tanggul saja. Mending ikut pemerintah pusat, lebih setuju ke sana. Jalan buat akses ke mana pun bisa sehingga dapat mengurai kemacetan dan kanan kirinya atau masyarakat dipikirin," kata Aziz, Rabu 12 Desember 2018.

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

Aziz pun menyarankan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lebih baik fokus membangun Stadion BMW daripada meributkan proyek tanggul laut raksasa tersebut. Menurut dia, proyek tanggul pantai sebaiknya dikerjakan pemerintah pusat.

"Lebih baik diambil pusat saja, ini kan proyek nasional. Saran saya sih Anies mendingan lebih fokus bangun Stadion Jakarta, enak dia. Persija menang ya harus bangun stadion lah, giant sea wall biarkan saja serahkan ke pusat," kata dia lagi.

Heru Budi Kewalahan Kalau Jakarta Diguyur Hujan Selama 4 Jam

Dia meminta Anies selaku gubernur DKI Jakarta tak hanya membangun sesuatu yang tidak ada bedanya dengan gubernur sebelumnya. Sebab, ada negara lain yang punya tanggul tapi atasnya difungsikan untuk jalan.

"Jadi memang lebih setuju dibangun multifungsi giant sea wall. Gubernur Anies harus kreatif, saya lebih setuju NCICD yang fungsinya banyak. Kayak di negara mana gitu, ada bendungan tapi di atasnya dipakai untuk jalan," tuturnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa kawasan pesisir utara mengalami penurunan yang cukup serius. Anies telah memiliki program kerja yang akan direncanakan untuk jangka panjang, salah satunya dengan membuat tanggul raksasa. Selain itu, Anies juga akan membuat drainase vertikal, yang akan mengarahkan air masuk ke dalam tanah. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya