Dapat Dukungan Kasus Dugaan Kampanye, Anies: Keadilan Harus Ditegakkan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dinia Adrianjara

VIVA – Presidium Rakyat Betawi menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa, 15 Januari 2019. Mereka mengecam Bawaslu Kabupaten Bogor karena dinilai tidak adil, dalam kasus dugaan kampanye Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat Konferensi Nasional Partai Gerindra. 

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Melihat aksi tersebut, Anies memberikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan para peserta aksi. Menurut Anies, keadilan harus ditegakkan.   

"Saya berikan apresiasi kepada Presidium Rakyat Betawi. Memang keadilan itu sama penting untuk kita tingkatkan, agar semua dalam menjalankan tugas kenegaraan mengingat prinsip keadilan yang akan menghasilkan suasana tenang," ujar Anies.

Kubu Anies Tuding Pencalonan Gibran Tidak Sah, KPU: Mengada-ngada

Anies mengimbau kepada pendemo untuk menjaga adat istiadat dan tata krama dalam menyampaikan pendapat. Mantan menteri Pendidikan itu juga mengatakan jika aksi unjuk rasa adalah hak warga negara. 

"Berserikat, berkumpul mengutarakan pendapat adalah hak dari warga negara. Tetapi untuk menjaga ketertiban harus dinomorsatukan," kata Anies.

Menkopolhukam Minta Semua Pihak Hormati Langkah Kubu Anies dan Ganjar Gugat Hasil Pemilu ke MK

Sebelumnya, Presidium Rakyat Betawi melakukan aksi demonstrasi di depan Gedung Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa, 15 Januari 2019.

Orator aksi, Roni Adi mengatakan, pihaknya merasa geram karena Anies diperlakukan secara tidak adil. "Rakyat Betawi patut merasa geram karena sang gubernur yang dicintainya telah dikriminalisasi dan diperlakukan tidak adil," ujar Roni, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa, 15 Januari 2019.  

Untuk itu, Presidium Rakyat Betawi menyampaikan pernyataan sikap sebagai berikut :

1. Agar Bawaslu lebih fokus pada hal-hal yang bersifat substansial dan menggunakan akal sehat sehingga bisa memilih mana laporan yang layak ditanggapi atau tidak.

2. Agar Bawaslu berlaku adil dan melakukan pemeriksaan kepada para pejabat lainnya yang mengacungkan satu jari dan atau jempol yang jelas-jelas menyatakan dukungan dan berkampanye untuk mengekspresikan dukungan mereka kepada pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 01. 

3. Presidium Rakyat Betawi siap mengawal dan pasang badan untuk mengamankan jalannya pemerintahan Gubernur DKI Jakarta, Bapak H. Anies Rasyid Baswedan apabila ada pihak-pihak lain yang ingin mengkriminalisasi kebijakan dan menghambat jalannya pemerintahan Gubernur DKI Jakarta. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya