Ironis, Korban Lalu Lintas Didominasi Milenial

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar acara launching 'Millenial Road Safety Festival 2019' yang akan digelar pada 2 Februari - 31 Maret 2019 mendatang.

Operasi Keselamatan 2024 Rampung, Catat 372 Orang Tewas Karena Kecelakaan

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf menjelaskan, kegiatan yang menyasar kalangan milenial ini merupakan upaya Dirlantas Polri, dalam mengurangi tingginya angka kecelakaan yang melibatkan kalangan anak muda.

"Kita evaluasi jumlah data korban kecelakaan lalu lintas di 2017-2018 yang makin meningkat setiap tahunnya, di mana 55 persennya adalah dari kaum milenial. Sehingga hal itu menjadi sasaran kita," kata Yusuf di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu 20 Januari 2019.

Korlantas Polri Beri Bantuan ke Bocah SD yang Kecelakaan hingga Kaki Kanan Diamputasi

Yusuf menjelaskan, nantinya pelaksanaan acara tersebut akan diisi dengan kegiatan seperti lomba menggambar, lomba menggambar di dinding, rally bersama, serta gelaran acara safety riding.

Sehingga, lanjut Yusuf, diharapkan para milenial dan masyarakat lain yang mengikuti rangkaian acara tersebut bisa tergugah, untuk memulai budaya aman berkendara.

Utamakan Keselamatan, Ini Tips Aman Berkendara Sepeda Motor

Terutama, dengan keikutsertaan sejumlah tokoh publik yang menjadi idola bagi kalangan milenial saat ini, diharapkan imbauan untuk berkendara aman di jalan ini bisa semakin diadopsi oleh kalangan milenial dan masyarakat umum lainnya

"Sehingga kalau tokoh idolanya mengajak (berkendara secara aman), diharapkan mereka juga akan mengikuti hal itu. Jadi ada arahan daripada tokoh-tokoh public figure tersebut," kata Yusuf.

"Targetnya, nanti kalau (program ini) memang berjalan dengan positif, insya Allah ke depan akan kita laksanakan lagi dan bisa menjadi program nasional," ujarnya.

Data Badan Pusat Statistik atau BPS mencatat, angka kecelakaan di Indonesia sepanjang tahun 2017 mencapai 105,374 kecelakaan. Dari jumlah tersebut, sebesar 55,5 persen korbannya berasal dari kalangan muda usia produktif, di mana 28,12 persennya merupakan kalangan pelajar dan mahasiswa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya