Anies Percaya 2030 Sudah 75 Persen Warga Pakai Transportasi Umum

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, optimis dengan Moda Raya Terpadu (MRT) yang terintegrasi dengan transportasi lain. Keberadaannya jelas bisa mengubah persentase pengguna kendaraan pada 2030.

Kubu Anies Tuding Pencalonan Gibran Tidak Sah, KPU: Mengada-ngada

Saat ini menurutnya 75 persen orang memakai kendaraan pribadi dan 25 persen transportasi umum. Nantinya diharapkan pengguna transportasi umum bakal mencapai 75 persen.

"2030 kalau bisa kita integrasikan, bisa kebalik, 75 persen kendaraan umum, 25 persen kendaraan pribadi," kata Anies di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Rabu 20 Februari 2019.

Menkopolhukam Minta Semua Pihak Hormati Langkah Kubu Anies dan Ganjar Gugat Hasil Pemilu ke MK

Anies menegaskan, trasnportasi umum yang nyaman, terjangkau secara geografis dan ekonomis akan membuat masyarakat beralih. Masyarakat juga katanya mudah ke mana-mana, tanpa mengalami kemacetan di jalan.

"Integrasinya sudah dimulai sekarang. Kalian lihat di atas sini stasiun, begitu keluar bisa tersambung di halte Transjakarta, integrasi ke semua moda," katanya.

Andi Arief Prediksi Nol Persen Kemungkinan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Menang di MK

Anies juga menegaskan, Pemprov DKI akan membangun tempat parkir menumpang atau park and ride di beberapa stasiun MRT. Saat ini yang telah terbangun ada di sekitar Lebak Bulus dan Fatmawati.

"Nanti ada tempat parkir besar dimana warga yang menggunakan kendaraan pribadi bisa parkir lalu ke Stasiun MRT. Ada yang ke stasiunnya jalan kaki, ada yang menggunakn shuttle Transjakarta, nanti semuanya (park and ride) ada di sisi selatan (stasiun)," kata Anies.

Otto Hasibuan, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Salah satu tuntutan diajukan dari tim Anies-Muhaimin, dan Ganjar-Mahfud, dalam gugatan hasil Pilpres 2024, di Mahkamah Konstitusi atau MK, adalah digelarnya pemilu ulang.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024