Logo BBC

Perdebatan Warganet Soal Viralnya Foto Makan di Lantai Stasiun MRT

Warga mengantri untuk menaiki kereta MRT di pintu masuk Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/3/2019). - ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Warga mengantri untuk menaiki kereta MRT di pintu masuk Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/3/2019). - ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Sumber :
  • bbc

Masa uji coba moda transportasi publik MRT Jakarta memunculkan perdebatan di kalangan warganet setelah viralnya foto penumpang yang makan bersama di lantai stasiun, selain juga penumpang yang bergelantungan di pegangan, sampai soal menginjak kursi.

Sebuah unggahan yang viral memperlihatkan sekumpulan perempuan dan anak-anak yang makan nasi bungkus sambil duduk di lantai stasiun MRT Jakarta.

Warganet pun ramai mengomentari unggahan tersebut. Sebagian menyatakan bahwa perilaku para penumpang dengan makan di MRT itu telah melanggar aturan hukum dan bahkan menandai bahwa Indonesia `belum siap` dengan `fasilitas negara maju`.

Namun tak sedikit juga warganet yang berpendapat bahwa aksi makan bersama penumpang uji coba MRT sebagai sesuatu yang bisa dimaklumi.

PT MRT Jakarta sudah mengeluarkan pernyataan yang "menyesalkan perilaku yang tidak seharusnya dilakukan di stasiun dan kereta".

"Seperti makan dan minum di stasiun dan kereta, berdiri/menginjak kursi kereta, bergelantungan di kereta yang teridentifikasi dari hasil evaluasi selama dua hari terakhir (22-23 Maret 2019) di mana ketika pendaftaran dapat dilakukan di stasiun dan tanpa batasan kuota," menurut pernyataan resmi mereka.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pada wartawan, Minggu (24/3), juga mengatakan bahwa, "Ada dua yang dievaluasi. Pertama, lifestyle dari masyarakat. Masyarakat kurang tertib, makan di stasiun, gelantungan, itu viral. Saya mengharapkan ada kultur baru dan kita memang harus menyesuaikan."