Ratusan Rumah Disapu Angin Puting Beliung di Bekasi

Puting beliung landa Bekasi.
Sumber :
  • Dani/ VIVA.co.id

VIVA – Ratusan rumah di tiga kampung Kecamatan Pabayuran, Kabupaten Bekasi tersapu puting beliung. Beruntung dalam insiden itu tak memakan korban jiwa.

INFOGRAFIK: Perbedaan Tornado dan Puting Beliung yang Jadi Perdebatan

Peristiwa pada Kamis 28 Maret 2019 itu terjadi di Kampung Telukbanggo, Kampung Tambun, dan Kampung Kobak Ceper. Total rumah yang mengalami kerusakan mencapai 176 rumah. 

Di antaranya, 20 rumah alami rusak berat, 26 rumah alami rusak sedang dan 130 rumah rusak ringan. Meski demikian, pemerintah dibantu aparat masih melakukan pendataan jumlah rumah yang hancur dan rusak berat tersebut.

Belasan Rumah Warga di Kertasari Bandung Rusak Akibat Puting Beliung

“Tidak ada korban jiwa, hanya ratusan rumah warga dan banyak pohon juga ikut roboh disapu angin puting beliung,” kata Sekretaris Desa Karang Harja, Andu Suhandi, Jumat 29 Maret 2019.

Andu menambahkan, seluruh rumah yang mengalami rusak akibat puting beliung kebanyakan jenis rumah semi permanen. Kerusakan menyasar ke atap bagian rumah hingga sampai ada yang ambruk.  "Bantuan pemerintah daerah sudah datang," ujarnya.

Puting Beliung Kembali Terjang Pemukiman di Bandung

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Bekasi, Adeng Hudaya mengatakan, bantuan sementara yang sudah diberikan kepada korban berupa pemberian alas duduk (tikar), air mineral, makanan siap saja, family kit dan peralatan makan. Alat pemotong  juga disiapkan untuk membantu percepatan evakuasi.

"Semua wilayah Kabupaten Bekasi hampir berpotensi angin puting beliung." (mus) 

Bantuan untuk korban angin puting beliung [dok. Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat]

Pertamina Salurkan Bantuan ke Korban Bencana Angin Puting Beliung di Bandung dan Sumedang

Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, menyalurkan bantuan berupa paket makanan siap saji, selimut, serta terpal, kepada para warga korban angin puting beliung

img_title
VIVA.co.id
28 Februari 2024