Kantor Kecamatan Cilodong Diterjang Angin Puting Beliung

Kantor Kecamatan Cilodong, Depok, Jawa Barat diterjang angin puting beliung.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Zahrul Darmawan (Depok)

VIVA – Kantor Kecamatan Cilodong, Depok, Jawa Barat porak-poranda usai diamuk angin puting beliung,  Senin sore, 1 April 2019. Peristiwa itu sempat membuat sejumlah pegawai dan warga yang berada di dalam bangunan menjerit histeris.

INFOGRAFIK: Perbedaan Tornado dan Puting Beliung yang Jadi Perdebatan

“Allahuakbar, Allahuakbar, kita semua pada panik,” kata Camat Cilodong, Mulyadi menggambarkan suasana mencekam ketika peristiwa itu terjadi.    

Terpaan angin kencang itu membuat plafon dan genting bangunan roboh, namun tidak menimbulkan korban jiwa. “Alhamdulillah korban enggak. Pas kejadian sudah agak sepi, tidak terlalu ramai hanya ada beberapa warga dan pegawai,” katanya.

Belasan Rumah Warga di Kertasari Bandung Rusak Akibat Puting Beliung

Mulyadi mengatakan, peristiwa mengerikan itu terjadi sekira pukul 15.30 WIB, saat Depok dilanda hujan deras. Plafon gedung ambruk dari lantai utama hingga lantai dua. “Yang paling parah di ruang aula, hancur semua,” katanya.

Lebih lanjut, Mulyadi menegaskan, peristiwa ini tidak akan menggangu sistem pelayanan. “Insya Allah kami akan aktif seperti biasa, besok juga kita normal lagi,” katanya

BPBD Bandung Catat Hampir 500 Rumah Warga Rusak Akibat Angin Puting Beliung

Mulyadi menambahkan, pihaknya akan segera melakukan kajian dan pendataan terkait dengan rehab bangunan tersebut. “Untuk kerugian kita belum tahu berapa, nanti ada konsultan yang akan memeriksa. Insya Allah secepatnya akan kita perbaiki," ujarnya.

Selain merusak kantor kecamatan, angin puting beliung juga merobohkan sejumlah pohon dan tiang listrik di kawasan tersebut. 

Bantuan untuk korban angin puting beliung [dok. Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat]

Pertamina Salurkan Bantuan ke Korban Bencana Angin Puting Beliung di Bandung dan Sumedang

Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, menyalurkan bantuan berupa paket makanan siap saji, selimut, serta terpal, kepada para warga korban angin puting beliung

img_title
VIVA.co.id
28 Februari 2024