Angin Puting Beliung Rusak 58 Rumah di Depok

Angin Puting Beliung.
Sumber :
  • Zahrul Darmawan/VIVA.co.id

VIVA – Amukan angin Puting Beliung yang terjadi di Kota Depok pada Senin sore, 1 April 2019, ternyata merusak sebanyak 58 rumah di kawasan Kelurahan Sukamaju dan Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Cilodong. Dalam peristiwa tersebut, satu warga meninggal dunia sedangkan sembilan orang lainnya luka-luka.

Pertamina Salurkan Bantuan ke Korban Bencana Angin Puting Beliung di Bandung dan Sumedang

Terkait hal itu, Pemerintah Kota Depok melalui sejumlah pihak terkait pun telah melakukan pendataan untuk menanggulangi dampak dari bencana alam tersebut.

“Penanganan selanjutnya, pak lurah sama PMI (Palang Merah Indonesia) sudah ke lapangan, minimal kita sekarang pendataan dulu terus nama sama alamat. Alhamdulillah TNI juga sudah turun tangan ke lapangan,” kata Sekertaris Camat Cilodong, Sumarna pada wartawan, Selasa 2 April 2019.

INFOGRAFIK: Perbedaan Tornado dan Puting Beliung yang Jadi Perdebatan

Sebagian besar rumah yang rusak tersebut, kata Sumarna, ialah pada bagian atap. Sejumlah warga yang terdampak akibat kejadian ini telah ditangani oleh kerabat dan keluarga terdekat.

“Dari konsumsi kita juga sudah bantu. Alhamdulillah dari puluhan rumah yang rusak tidak menimbulkan korban jiwa,” katanya.

Belasan Rumah Warga di Kertasari Bandung Rusak Akibat Puting Beliung

Lebih lanjut Sumarna mengatakan, untuk upaya perbaikan terhadap sejumlah rumah tersebut saat ini sedang dalam pendataan. “Secara teknis kita akan lihat dari data. Jika warga tidak mampu tentu akan ditanggulangi oleh Pemkot Depok melalui APBD,” katanya.

Adapun rincian rumah warga yang rusak yakni, di wilayah Kelurahan Sukamaju, tepatnya di RW 02/08 sebanyak tiga rumah, RW 04/01 dan RT 06 sebanyak sembilan rumah. RW 06/07 tiga rumah, RW 07/05 ada empat rumah, RW 17/01 dan RT 03 ada lima rumah, RW 22/03, RT 02, RT 04 sebanyak 31 rumah. Sedangkan di Kelurahan Sukmajaya RW 09/01 tiga rumah. Angin Puting Beliung juga merusak kantor Kecamatan Cilodong
 
Selain di sejumlah lokasi tersebut, amukan Puting Beliung yang terjadi sekira pukul 15.30 WIB itu juga merobohkan sejumlah pohon besar. Lokasi terparah di antaranya adalah di Jalan Merdeka, depan kantor Samsat Depok. 

Di wilayah itu, hujan deras disertai angin kencang membuat pohon berukuran besar ambruk dan menimpa warung hingga menyebabkan empat warga terluka serta satu mobil ringsek parah.

Kemudian, di rumah makan Pondok Gurame, Jalan KSU, Kecamatan Sukmajaya, hujan deras disertai angin Puting Beliung membuat pohon beringin roboh hingga menimpa bagian dapur rumah makan tersebut. Dalam peristiwa ini, satu pegawai atas nama Susi tewas di lokasi kejadian sedangkan lima pegawai lainnya luka berat.

Sedangkan di Jalan Tole Iskandar, depan pabrik besi, pohon yang tumbang akibat terpaan angin sempat menutup sebagian badan jalan. Kondisi serupa juga terjadi di Jalan Siliwangi. (hty)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya