DKI Bebaskan 14 Hektare Lahan, Naturalisasi Ciliwung Akan Digarap 2020

Normalisasi Sungai Ciliwung
Sumber :
  • ANTARAFOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) DKI Jakarta Ciliwung-Cisadane Bambang Hidayat mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah membebaskan 14 hektare lahan di sekitar Kali Ciliwung untuk naturalisasi.

Pemprov DKI Tiadakan CFD Besok karena Masih Cuti Lebaran

"Ada hampir 14 hektare di Sungai Ciliwung. Saya sudah perintahkan anggota untuk cek lapangan supaya dicek ke lapangan kondisinya seperti apa," ujar Bambang via telepon, Jumat, 12 April 2019.

Bambang menegaskan, saat ini pihaknya sedang menyiapkan usulan anggaran untuk proses naturalisasi. Proses naturalisasi akan dilakukan pada 2020. "Kami harus usul dulu anggaran, paling cepat tahun depan. Betul, selama ini kalau dari pergub ya saya simpulkan normalisasi sungai itu sudah bagian dari naturalisasi. Jadi sudah tahapan awal dari tahap naturalisasi," ujarnya.

Pemprov Jakarta Berangkatkan 12.170 Peserta dengan 279 Bus Mudik Gratis ke 19 Daerah

Ia menjelaskan, proses naturalisasi akan dilakukan dengan konsep ruang terbuka hijau dan mengutamakan fungsi pengendali banjir.  "Konsepnya naturalisasi adalah cara mengelola prasarana sumber daya air melalui konsep pengembangan ruang terbuka hijau, dengan tetap memperhatikan kapasitas tampungan," ujar Bambang. (mus)

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Heru Budi Pastikan Pelayanan Publik Tetap Berjalan Optimal Usai Cuti Lebaran

Tidak ada perpanjangan untuk libur lebaran.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024