Dua Kapal Tabrakan di Pelabuhan Merak

Ilustrasi-Suasana di Pelabuhan Merak
Sumber :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan

VIVA – KMP Windu Karsa Dwitya (WKD) yang akan keluar dari pelabuhan Merak menabrak KMP Virgo 18 yang akan memasuki alur Pelabuhan Merak di Kota Cilegon, Banten.

Bus dan Truk Padati Pelabuhan Bakauheni, Melonjak dibandingkan Sehari Sebelumnya

Peristiwa nahas itu terjadi sekitar pukul 16.32 WIB sore tadi, Senin 22 April 2019 di sekitar bridge water pelabuhan Merak, perairan Selat Sunda, Kota Cilegon, Banten.

Akibat tabrakan itu, satu orang anak buah kapal (ABK) WKD bernama Endang Rokh Basuki terjatuh ke laut dan masih dalam pencarian oleh Basarnas Banten hingga saat ini.

Menhub Siapkan Opsi Lima Kapal TBB Hadapi Lonjakan Arus Balik di Bakauheni

"Bahwa KMP WKD tabrakan dengan KMP Virgo 18 diperoleh data ABK satu terjatuh. Kami menduga terjadi benturan dia terjatuh," kata Kepala Basarnas Banten Zaenal Arifin kepada wartawan pada Senin, 22 April 2019. 

Akibat tabrakan itu, buritan Kanan KMP Virgo 18 mengalami sobek. Sedangkan KMP WKD mengalami kerusakan di anjungan sebelah kanannya.

Persiapan Layani Arus Balik, GM PLN Banten Pastikan Operasional SPKLU Jalur Mudik Tol Jakarta-Merak

Penumpang dan KMP WKD disandarkan di Dermaga I Pelabuhan Merak yang ketika terjadi tabrakan berada pada jarak 1,5 mil laut dari pelabuhan Merak.

"Proses evakuasi (sedang berlangsung). Khawatir ada kebocoran makanya kita evakuasi," kata dia.
 

Pelabuhan Merak

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

Pemudik yang sudah kembali dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa terhitung antara 11-16 April 2024 belum sepenuhnya kembali. Baru sekitar 79 persen atau sekitar 656.622 orang

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024