Jembatan Putus dan Ratusan Rumah Terendam Banjir di Bogor

Petugas membersihkan sisa-sisa banjir
Sumber :
  • Muhammad AR

VIVA – Volume air yang meningkat akibat hujan deras di wilayah Bogor pada Kamis Malam, 25 April 2019, menyebabkan ratusan rumah terkena banjir bandang di banyak titik. 

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

Informasi yang dihimpun VIVA, beberapa permukiman terendam air setelah sungai meluap. Saking derasnya air menyebabkan jembatan putus.

Di kawasan Puncak, jembatan penghubung dua wilayah putus di Megamendung. Selain itu longsor yang terjadi menyebabkan beberapa jalan terputus termasuk jalan utama di Riung Gunung.

Miris! Video Pria Berdiri di Atas Rumah yang Hanyut Terbawa Arus Banjir

Air yang terukur di Bendung Katulampa setinggi 250 sentimeter tadi malam merendam pemukiman sekitar. Menurut Kepala Pusdalops BPBD Kota Bogor, usai kejadian meluapnya sungai Ciliwung dilaporkan ada tujuh kejadian bencana. 

"Lokasinya tersebar di sepanjang yang dilalui sungai Ciliwung, hingga menutup jalan dan permukiman, selain banjir juga longsor. Tidak ada korban warga berhasil dievakuasi," katanya kepada VIVA

Terpopuler: 3 Negara Musuh AS Latihan Perang Bareng, Penampakan Banjir Bandang Grobogan

Wilayah lain di Kabupaten Bogor, bencana menewaskan seorang nenek yang terjebak banjir. "Warga meninggal bernama Ame 80 tahun yang berada dalam bencana banjir di Babakan Madang," kata Sekertaris BPBD Kabupaten Bogor, Budi Pranowo.

Budi merinci, lokasi banjir tersebar di banyak titik yang saat ini masih didata oleh BPBD. Ia menaksir ratusan rumah tersebar di Kabupaten Bogor terdampak banjir. 

Di antaranya yang dilaporkan terparah menerjang kawasan Puncak Megamendung. Selain itu wilayah Nanggewer, Cibinong yang mana jembatan penghubung dua kampung rusak tergerus air. Dalam peristiwa ini,  kendaraan dan rumah milik warga terbawa hanyut.

"Banjir juga terjadi di wilayah Leuwiliang, Leuwisadeng, Dramaga, Ciampea, dan wilayah Cikeas," kata Budi. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya