Takbir Keliling, Anies: Warga Jakarta Jadi Tuan Rumah di Tanah Sendiri

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Eduward Ambarita

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengikuti kegiatan takbiran menyambut hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah, di Rumah Susun KS Tubun, Jakarta Barat, Selasa malam, 4 Juni 2019.

Menag Yaqut Ajak Warga Takbiran Idul Adha Virtual Bareng Jokowi

Anies menekankan, takbiran merupakan tradisi perayaan yang sedianya untuk mensyukuri hari kemenangan. "Takbiran itu adalah bertakbir sepanjang malam itu di-sunnah-kan," kata Anies di lokasi, Selasa malam, 4 Juni 2019. 

Dia menambahkan, “Kita di Indonesia punya kebiasaan untuk mengadakan takbir keliling. Ini sebuah tradisi yang dulunya kita menggunakan obor keliling kampung karena waktu itu belum ada lampu merayakan malam kemenangan."

Takbir Keliling di Kota Tangerang Ditiadakan, Salat Idul Adha di Rumah

Anies menyebutkan, telah berkeliling ke sejumlah titik. Ia meminta jajaran Dinas Perhubungan mengawal takbir keliling yang dilakukan oleh masyarakat agar tertib dan aman. "Kita ingin agar warga merasakan ini adalah tanah mereka sendiri, ini adalah rumah mereka sendiri," ujarnya.

Dia melanjutkan, "Jangan mereka seakan berada di tanah asing dimana mereka tidak boleh melaksanakan yang menjadi kebiasaannya selama ratusan tahun. Izinkan warga Jakarta menjadi tuan rumah di tanahnya sendiri." 

Takbir Keliling Dilarang, Ini Titik Malam Bebas Kerumunan di Jakarta

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berpesan kepada masyarakat untuk mengutamakan keselamatan jika ingin melaksanakan takbir keliling. 

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian, terutama Direktorat Lalu Lintas supaya memperlancar sejumlah arus jalan. "Insya Allah akan dikawal, tapi penting untuk selalu memastikan keselamatan dan jangan terlalu larut malam," katanya.

Kemeriahan Takbir Keliling Sambut Idul Adha

Jika Ada Takbir Keliling, Ini Tindakan yang Bakal Dilakukan Polri

Biasanya, takbir keliling dilakukan malam hari sebelum Idul Adha, yakni Senin malam ini. Polri mengedepankan langkah preemtif.

img_title
VIVA.co.id
19 Juli 2021