Dijadwalkan Periksa Sofyan Jacob, Ini yang Akan Dicecar Polisi - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Sabtu, 15 Juni 2019 | 15:56 WIB

Dijadwalkan Periksa Sofyan Jacob, Ini yang Akan Dicecar Polisi

Mantan kapolda Metro Jaya itu diperiksa terkait rusuh 21-22 Mei 2019.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono (tengah).
Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono (tengah).

VIVA – Mantan Kapolda Metro Jaya Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Sofyan Jacob akan menjalani pemeriksaan pada Senin pekan depan. Pemeriksaan tersebut terkait dengan kasus aksi massa di Bawaslu RI yang berujung rusuh pada 21-22 Mei 2019.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono menyatakan, penyidik sudah mengirimkan surat panggilan terhadap Sofyan Jacob untuk dilakukan pemeriksaan sebagai tersangka terkait kasus rusuh 21-22 Mei 2019 tersebut.

"Memang betul, hari Senin 17 Juni 2019 akan diagendakan pemeriksaan terhadap Pak Sofyan. Jadi yang bersangkutan sudah kita kirim surat panggilannya," kata Argo di RS Polri, Jakarta Timur, Sabtu 15 Juni 2019.

Argo mengharapkan, mantan kapolda Metro Jaya era Presiden Abdurrahman Wahid itu dapat hadir memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya. Ia pun menjabarkan, Sofyan akan diperiksa terkait dengan perannya sebelum aksi yang berujung rusuh di sejumlah titik di Jakarta. 

Menurut Argo, sebelumnya Sofyan Jacob pernah menghadiri sejumlah pertemuan di dua tempat yang berbeda. Yaitu di sekitar Menteng dan Jalan Kertanegara atau di sekitar kediaman Prabowo Subianto.

"Beliau kan mengatakan adanya kecurangan di dalam pemilu, tentunya kan hasilnya belum ada. Lembaga yang sah menyampaikan hasil siapa? Kan KPU. Kemudian ada permufakatan yang dilakukan yang saat ini masih dalam penyelidikan," kata Argo.

Terkait dengan rencana penahanan, Argo mengaku pihaknya masih belum dapat memastikan apakah Sofyan Jacob akan langsung dilakukan penahanan, seperti halnya sejumlah tersangka lainnya atau tidak. Kewenangan penahanan ada sepenuhnya di penyidik yang melakukan pemeriksaan. 

Saksikan Juga

Sidang Perdana Kerusuhan 21-22 Mei Digelar di Dua Pengadilan

TVONE NEWS - 2 bulan lalu
loading...
Muat Lainnya...