Massa Tahlil Akbar 212 Mulai Berkerumun di Bundaran Patung Kuda - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Rabu, 26 Juni 2019 | 10:23 WIB

Massa Tahlil Akbar 212 Mulai Berkerumun di Bundaran Patung Kuda

Mereka bertahlil untuk 500 pertugas KPPS yang meninggal usai pemilu.
Massa PA 212 berkumpul di Bundaran Patung Kuda.
Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar GM

Massa PA 212 berkumpul di Bundaran Patung Kuda.

VIVA – Massa Persaudaraan Alumni (PA) 212 yang akan menggelar Tahlil Akbar untuk mendoakan para korban jiwa yang terkait pelaksanaan Pilpres 2019, mulai berkumpul di sekitar Bundaran Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta, Rabu pagi, 26 Juni 2019. 

Berdasarkan pantauan VIVA di lokasi, massa berjalan kaki dari bundaran, ke arah Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang terletak di depan Gedung Sapta Pesona. Di sana, merupakan titik yang dipersiapkan kepolisian bagi massa yang hendak melakukan unjuk rasa.

Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), tempat sidang putusan sengketa Pilpres 2019 akan digelar Kamis, 27 Juni 2019, masih terletak sekitar 150 meter dari titik massa berkumpul. Area Jalan Medan Merdeka Barat dari depan Gedung Sapta Pesona, hingga seberang Istana Negara sendiri ditutup, juga steril dari umum.

Massa, sebagian besar terlihat menggunakan atribut Islami. Acara pada 10.00 WIB masih belum dimulai. Sebagian massa berselawat, ada juga yang menyanyi lagu-lagu dengan tema bela Islam. Sementara polisi, sudah bersiaga di banyak titik. Mereka juga berjaga di titik-titik akses lokasi dan tidak memperbolehkan siapa pun kecuali peserta acara dan media, memasuki lokasi.

Sebelumnya diberitakan, Persaudaraan Alumni 212 akan menggelar aksi terkait perselisihan hasil pemilihan umum di daerah kawasan Mahkamah Konstitusi.

Rencananya, salah satu kegiatan dalam aksi unjuk rasa yaitu tahlil akbar untuk 500 petugas Kelompok penyelenggara pemungutan suara atau KPPS yang wafat dalam bertugas serta mendoakan para korban dalam aksi kerusuhan Mei 21-22 Mei 2019. 

"Iya doa buat arwah bagi petugas KPPS yang wafat dan korban 10 yang mati syahid insiden 21-22," kata Juru Bicara PA 212, Novel Bamukmin melalui pesan singkat kepada VIVA di Jakarta, Selasa, 25 Juni 2019. (ren)

loading...
Muat Lainnya...