Cek Runway 3 Bandara Soetta, Menhub Usulkan Beroperasi Agustus

Menteri Perhubungan Budi Karya meninjau runway 3 Bandara Soekarno Hatta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengecek kesiapan Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu, 21 Juli 2019.

PCR Tak Lagi Jadi Syarat PPDN, Ini Langkah Bandara Soetta

Dalam pengecekan itu, dilakukan pula test open flight dan landing test. Hal itu untuk memastikan kondisi secara teknis pada Runway 3 yang sedianya akan diresmikan dan dioperasikan pada akhir Juli 2019.

"Tadi dilakukan test flight dan didapatkan hasil yang cukup bagus. Di mana, semuanya sudah clear atau sudah siap," kata Budi. 

Jelang Nyepi, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Diprediksi Turun

Kemenhub akan mempersiapkan untuk mengusulkan beroperasi paling lambat pertengahan Agustus. "Karena saya pikir kita sebaiknya lebih menyempurnakan dengan mengoordinasikan kepada Airnav soal SOP (Standar Operasional Prosedur) yang harus dimantapkan," ujarnya.

Persiapan SOP yang dimaksud yakni, bagaimana adanya koordinasi terkait dengan persiapan jenis-jenis pesawat. Dengan adanya Runway 3, diharapkan proses pergerakan pesawat dan penumpang di bandara tersibuk itu dapat mengalami kecepatan dan ketepatan lebih baik.

Erick Thohir Sebut Karpet Bandara Soetta Jelek, Ini Respons AP II

"Kalau kita lihat di Runway 2 tadi, banyak antrean pesawat, di mana kemampuannya dalam satu jam itu kira-kira 81 take off and landing. Nah, dengan kapasitas itu kita belum bisa membuat kecepatan itu lebih baik,” tuturnya. 

Dia menambahkan, "Dengan adanya Runway 3 ini, diharapkan kemampuan take off dan landing menjadi lebih baik yang mana bisa bertambah jadi 118".

Tidak hanya itu, diharapkan juga dapat meningkatkan devisa negara, khususnya di bidang pariwisata. 

Dalam pembangunannya, Runway 3 yang memiliki ukuran 3.000 x 60 meter ini menelan dana mencapai Rp2 triliun. Adapun biaya pembebasan lahan sejauh ini telah mencapai Rp4 triliun, dengan total Rp6 triliun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya