Mendagri Atur Gubernur ke Luar Negeri, Ini Respons Anies

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar GM

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyampaikan, langkah Kementerian Dalam Negeri untuk mengatur perjalanan seorang kepala daerah ke luar negeri merupakan hal yang baik. 

Ijeck dan Bobby Nasution Bersaing Raih Tiket Golkar di Pilgub Sumut 2024

Aturan yang terbit melalui surat edaran itu, menurut Anies, akan membuat para kepala daerah, terutama dia yang sering bepergian ke luar negeri, lebih mudah menjelaskan ke publik maksud dan manfaat dari perjalanan mereka. "Baik kalau diatur oleh Kemendagri," ujar Anies di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin, 22 Juli 2019.

Selanjutnya, setiap kunjungan dia ke mancanegara akan lebih mudah dijelaskan kepada warga Jakarta. Warga akan mengetahui apakah dia melawat untuk mendapatkan kerja sama, investasi, kepentingan bisnis di Ibu Kota atau untuk berekreasi. "Nanti Kemendagri bisa mengatur, mana pergi ke luar negeri yang untuk tujuan-tujuan itu," ujar Anies.

Aturan Barang Bawaan ke Luar Negeri Bikin Heboh, Sri Mulyani Buka Suara

Selama ini, Anies mengemukakan, kepergiannya ke luar negeri, dipastikan akan memberikan manfaat untuk Jakarta. Anies mencontohkan, perjalanan terakhirnya ke Amerika Serikat yang membawa oleh-oleh berupa akan digelarnya Formula E di Jakarta. "Saya Alhamdulillah, setiap kali pergi, justru untuk mengundang orang datang ke Indonesia, mengajak orang untuk berkegiatan di Indonesia," ujar Anies.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Dalam Negeri baru-baru ini mengeluarkan surat pemberitahuan Standar Operasional Prosedur Pengajuan Permohonan Izin Perjalanan Dinas ke luar negeri. 

Bea Cukai Dituding Persulit Aturan Barang Bawaan ke LN, Stafsus Menkeu Minta Maaf

Mendagri Tjahjo Kumolo menjelaskan, surat itu keluar untuk merespons adanya kepala daerah yang suka sembarangan pergi.

"Dasarnya ada juga beberapa kepala daerah yang asal pergi. Asal pergi, tidak mengajukan izin. Kan enggak enak kami ditanya bapak presiden," kata Tjahjo ketika ditemui di Jakarta Convention Center, Senin, 22 Juli 2019.
 

Edy Rahmayadi.(B.S.Putra/VIVA)

PKS Berpeluang Usung Lagi Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut 2024

Hubungan politik PKS dengan Edy Rahmayadi yang juga mantan Pangkostrad itu tercatat baik.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024