Jijik, Tumpukan Sampah Penuhi Kali Bahagia Bekasi

Sampah di Kali Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi.
Sumber :
  • VIVA/ Dani.

VIVA - Tumpukan sampah kembali terlihat di Kali Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. Sampah menumpuk di permukaan air kali sejauh satu kilometer. Seluruh sampah yang mengendap di atas air itu kebanyakan sampah jenis rumah tangga.

Penumpang Mobil Berpelat F Ini Dicari Netizen hingga Dikecam Ridwan Kamil

"Bau dan padat sudah sampahnya di atas air kali. Tumpukan sampah itu sudah terjadi berbulan-bulan," kata Ketua RW 21, Kecamatan Babelan, Afif, Senin 29 Juli 2019.

Warga menduga, seluruh sampah itu bersumber dari pasar yang berdekatan dengan kali. Termasuk, banyak warga lain yang secara sengaja membuang sampah ke lokasi kali.

Strategi Perhutani Group Jadikan Cikole Lembang Kampung Bebas Sampah

"Biasanya, warga lain yang membuang membawa sepeda motor sambil membawa karung berisi sampah. Itu sering dipergoki warga di sini," katanya.

Menurut dia, sebelum banyaknya sampah yang ada di kali, air masih mengalir. Biasanya, sampah terbawa arus air sampai terseret ke bendungan milik petani.

Kemendagri Minta Pemda Pisahkan Regulator dan Operator Pengelola Sampah

"Tumpukan sampah ini sudah terjadi empat bulanan," ujarnya.

Berdasarkan penelusuran, Kali Bahagia di Kecamatan Babelan, diapit oleh rumah penduduk. Sebelah kiri berdiri bangunan semi permanen dan sebelah kanan dibangun rumah permanen. Sampai saat ini, belum ada penanganan dari Pemerintah Daerah.

Afif menambahkan, usulan untuk menormalisasi Kali Bahagia ke Pemerintah Daerah belum terealisasi. Padahal, warga sudah mengusulkan sejak Januari 2019.

Menurut dia, yang menyulitkan pembersihan sampah karena area yang sempit. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya