Fahri Hamzah Usulkan Ibukota Pindah ke Pulau Reklamasi

Fahri Hamzah Usulkan Ibukota Pindah ke Pulau Reklamasi

Rabu, 31 Juli 2019 | 21:57 WIB
Fahri menghitung luas pulau reklamasi sama dengan Wasington DC.
Fahri Hamzah.
Photo :

Fahri Hamzah.

VIVA – Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, menilai bahwa sebagai negara maritim, seharusnya Indonesia memiliki ibukota di kepulauan. Karena itu, dia mengusulkan agar ibukota dipindahkan saja ke pulau reklamasi yang letaknya masih di wilayah Jakarta.

"Harusnya ibuota itu, saya tantang waktu itu, justru pindahnya ke pesisir, makanya saya hitung-hitung itu kan reklamasi itu tidak selesai-selesai, ambil alih saja sama Pak Jokowi," kata Fahri di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu 31 Juli 2019.

Fahri menghitung luas pulau reklamasi sama dengan Wasington DC. Selain itu, pulau reklamasi dianggap bagus dan layah menjadi ibukota, sehingga tidak perlu jauh-jauh ke Kalimantan.

"Ibukota itu kota, bikin kota di Indonesia itu pakai UU. Bikin kota, kabupaten, provinsi pakai UU. Apalagi sebuah ibukota yang di dalamnya keseluruhan jantung daripada struktur negara ada di sana. Dia tak saja melakukan pembuatan UU ibukota tapi satu persiapan yang detail tentang bagaimana jantung republik itu disimpan di sana," kata Fahri.

Berita Terkait :
Saksikan Juga