Anies akan Bikin Jakarta Ramah untuk Pesepeda

Jalur sepeda di trotoar kawasan Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Upaya menyegarkan kembali udara Jakarta, tidak hanya dilakukan dengan pembatasan kendaraan bermotor saja. Gubernur DKI, Anies Baswedan juga berencana membangun fasilitas untuk para pengguna sepeda.

Alasan Sedan Listrik BMW i5 Belum Memiliki Harga

Menurut Anies, nantinya akan banyak jalur khusus untuk para pesepeda di Jakarta. Dengan tersedianya jalur yang semakin banyak, diharapkan para pengguna kendaraan pribadi mau beralih ke alat transportasi yang lebih ramah lingkungan.

Selain itu, sepeda juga bisa membuat penggunanya sehat secara jasmani. Jadi, kendaraan beroda dua itu nantinya tidak hanya dipakai saat akhir pekan atau waktu senggang saja, namun sudah menjadi bagian dari keseharian mereka.

Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan

Tak hanya jalur, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga berjanji untuk membangun fasilitas penunjang.

"Menyiapkan tempat-tempat parkir, menyiapkan ruang-ruang kamar mandi untuk tempat berbilas," ujarnya di kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, dilansir dari VIVAnews, Minggu 15 September 2019.

Pengemudi Sedan Tabrak 5 Orang di BSD, 1 Diantaranya Tewas di Tempat

"Sepeda nanti bukan sekadar alat olahraga. Kalau sepeda sebagai alat olahraga, seringkali memakainya hanya di waktu senggang," kata dia menambahkan.

Rencana Anies diamini oleh perwakilan dari Bike To Work, Iman Chandra dan juga Supervisor Rodalink Cijantung, Aryo Setiawan. Menurut mereka, kondisi jalanan yang aman untuk para pesepeda sangat dibutuhkan, agar penggunanya semakin bertambah.

“Selain sebagai sarana berolahraga, menggunakan sepeda juga merupakan dukungan untuk lebih peduli dengan keadaan sekitar,” tutur Aryo.

Sepeda kayuh

“Pengendara di jalan kadang kurang ramah dengan pesepeda. Tapi, hal ini bukan menjadi alasan. Kita bisa pilih jalan-jalan alternatif,” ungkap Iman.

Sebagai informasi, Rodalink baru saja membuka cabang mereka ke-52 di Cijantung, Jakarta Timur. Bermodalkan konsep one stop shopping, mereka menawarkan berbagai macam merek sepeda beserta aksesorinya. Konsumen bisa mendapatkan gratis servis tiga kali selama satu tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya