Pasien Positif Corona Tolak RS Terpaksa Dievakuasi dari Rumah Dukun
Selasa, 12 Mei 2020 | 08:18 WIB

Pasien Positif Corona Tolak RS Terpaksa Dievakuasi dari Rumah Dukun

Petugas medis turun tangan melakukan evakuasi si pasien Corona.
Pasien COVID-19 tolak dirawat di RS malah ke dukun, akhirnya evakuasi
Photo :
  • Muhammad AR

Pasien COVID-19 tolak dirawat di RS malah ke dukun, akhirnya evakuasi

VIVA – Ibu NC (43) pasien yang dinyatakan positif Corona COVID-19 usai jalani tes swab dievakuasi oleh Tim Gugus Tugas COVID-19 Puskesmas Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor setelah baru diketahui berada di pengobatan alternatif atau dukun. Petugas sempat dibuat kewalahan mencari keberadaan pasien karena menolak diisolasi di rumah sakit dan tidak ada di rumah.

"Tadi siang (kemarin) kami mendapat informasi dari relawan COVID-19 Kecamatan Jonggol bahwa warga Bale Kambang ada pasien yang pulang paksa dari rumah sakit Permata Jonggol dan positif. Setelah dicari ternyata ada di pengobatan di sini. Sore (kemarin) kami jemput ke lokasi pengobatan alternatif ya seperti dukun orang kenal kaya itu lah," kata Tim Gugus COVID-19 Puskesmas Sukamakmur, Teguh Yudiana dihubungi pada Senin malam 11 Mei 2020.

Tegus menjelaskan awal mula pasien positif itu sempat dirawat di Rumah Sakit Permata Jonggol dengan diagnosis gejala Corona. Pihak RS pun melakukan rapid test dan hasilnya positif, 7 Mei 2020. Sehari setelahnya, Jumat 8 Mei 2020 NC mengikuti pemeriksaan swab. Namun meski hasil swab belum keluar, keluarga memaksakan pasien untuk pulang ke rumah.