HUT DKI 493, Asal-usul Lengkap Kota Jakarta
Senin, 22 Juni 2020 | 12:44 WIB

HUT DKI 493, Asal-usul Lengkap Kota Jakarta

Jakarta ulang tahun. Ketahui sejarah lengkap awal mula DKI.
Sorot kota jakarta
Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Sorot kota jakarta

VIVA – Kota Jakarta telah memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-493 pada Senin, 22 Juni 2020. Siapa yang menetapkan hari jadi Kota Jakarta hingga dirayakan tiap tahunnya?

Dilansir dari berbagai sumber, penetapan hari jadi Jakarta merujuk kepada penetapan yang dikeluarkan oleh Sudiro, Wali Kota Jakarta periode 1953-1958. Pada masa kolonial, Belanda memperingati hari jadi Kota Batavia tiap akhir Mei. Karena pada akhir Mei 1619, Gubernur Jenderal Jan Pieterszoon Coen menaklukkan Jayakarta.

Untuk memperingati 250 tahun usia Batavia, dibangun monument J.P. Coen yang sekarang jadi halaman Departemen Keuangan, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat pada 1969. Namun patung itu dihancurkan pada masa pendudukan Jepang (1942-1945).

Lalu, Sudiro menyadari perlunya peringatan ulang tahun untuk Kota Jakarta dengan cara berbeda dari perayaan berdirinya Batavia. Akhirnya, ia panggil sejumlah ahli sejarah seperti Mohamad Yamin dan Sukanto serta wartawan senior Sudarjo Tjokrosiswoyo. Mereka ditugasi meneliti kapan Jakarta didirikan oleh Fatahillah.