Orangtua Siswa Demo Protes ke Anies Prioritas Usia PPDB

Demonstrasi para orangtua siswa terkait zonasi umur di depan balai kota DKI
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA – Massa yang merupakan orangtua siswa melakukan aksi demonstrasi alias demo meminta kepada Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan untuk menghapus prioritas usia yang ada di aturan Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB di Ibu Kota Jakarta.

Pentingnya Memberikan Pendidikan Moral dan Karakter Anak Sejak Dini

Aksi itu merupakan gabungan dalam gerakan Emak Bapak Peduli Keadilan dan Pendidikan (Geprak), Selasa, 23 Juni 2020. 

Koordinator orangtua siswa bernama Tita Soedirman mengatakan bahwa aksi ini merupakan bentuk protes karena Anies enggan menghapus prioritas usia dalam PPDB di DKI Jakarta. Padahal, sebelumnya para orangtua kata dia telah bertemu melakukan audensi dengan Anies Baswedan perihal tersebut. 

Alternatif Menanggulangi Kekerasan di Dunia Pendidikan

"(Pak Anies) tetap tidak ingin mengubah dari keputusan yang ada," ujar Tita. 

Tita mengatakan bahwa tuntutan dari para orangtua siswa ini agar Anies dapat menghapus pembatasan usia pada jalur masuk PPDB khususnya di DKI Jakarta dan mengembalikan ke Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 44 mengenai zona jarak. 

Menciptakan Ruang Pendidikan Semakin Ramah, Aman dan Nyaman

"Jarak yang dipakai seperti yang dipakai dalam aturan itu menuju sekolah bukan jarak menurut kelurahan karena di daerah lain juga sesuai dengan Permendikbud, sesuai jarak rumah ke sekolah," katanya. 
 

Sumber : Pixabay.com

Merdeka Belajar dan Keterbaikan Masa Depan Bangsa

Pendidikan merupakan aspek inti yang kemudian juga menopang aspek lain dalam kehidupan seperti aspek sosial, ekonomi, politik, sampai agama,

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024