Beri 10 Juta ke Anak Buah, John Kei: 'Ambil' Nus Kei Hidup atau Mati

John Kei (tengah) memperagakan reka ulang perencanaan penyerangan di Bekasi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah

VIVA – John Refra Kei alias John Kei ternyata sempat memberikan uang sebesar Rp10 juta dengan pecahan Rp50 ribu untuk transportasi kelompoknya di markas John Kei di Bekasi. Hal itu diketahui dalam reka ulang adegan atau rekonstruksi.

Preman Pakai Baret Merah Palak Pekerja Tower, Dikasih Rp15 Ribu Ngamuk

"Adegan ke-11 tersangka John Kei memberikan uang sebesar Rp10 juta ke tersangka Daniel," ucap penyidik di Perumahan Tytyan, Bekasi, Senin 6 Juli 2020.

Uang diterima oleh salah satu anak buah John Kei bernama Daniel. Dalam rekonstruksi pun memperlihatkan adegan John Kei memimpin rapat perencanaan pembunuhan dan penjemputan Agrapinus Rumatora alias Nus Kei. 

Habib Rizieq Siap Pasang Badan Lindungi Aksi Mahasiswa dari Preman: Dipikir Kita Takut Kali

John Kei juga menanyakan pada anak buahnya apakah tahu alamat rumah Nus Kei atau tidak. Dalam adegan rekonstruksi itu juga memperlhatkan saat John Kei membahas video yang dibuat oleh kelompok Nus Kei, yang dianggap sebagai penghinaan.

"Adegan ke-9 pukul 18.00 WIB John Kei memimpin pertemuan dan membahas video penghinaan di akun Instagram Ricad. Pertemuan itu dibahas di portal dekat rumah John Kei. Adegan ke-10 dilakukan rapat di luar rumah dipimpin langsung oleh John Kei," kata penyidik.

Kesal Gak Dikasih Uang, Aksi Premanisme di Tanah Abang Gedor Kaca Mobil hingga Pecah

Baca: Ngeri, Arahan Terakhir Loyalis John Kei: Anjing-anjing Itu Harus Mati

Saat membahas perihal video hingga rencana aksi penyerangan, John Kei meminta anak buahnya membawa Nus Kei kehadapannya dalam keadaan hidup atau mati. Tak sampai disitu, John Kei juga memerintahkan anggotanya untuk tidak segan-segan menghabisi siapa saja yang mencoba melindungi Nus Kei, termasuk juga terhadap kelompok Nus Kei.

"John Kei datang dan mengatakan 'besok berangkat tabrak dan hajar rumah Nus Kei, ambil Nus Kei dalam keadaan hidup atau mati'. Jika ada yang menghalangi, sikat saja," kata penyidik lagi.

Sebelumnya diberitakan, polisi melakukan penggerebekan terhadap kelompok John Kei di perumahan Taman Titian Indah, Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu malam, 21 Juni 2020. Sebanyak 25 orang diamankan.

Penggerebekan ini terkait aksi penyerangan yang dilakukan anak buah John Kei di rumah Nus Kei di Perumahan Green Lake City, Kota Tangerang. Kemudian, aksi penganiayaan sadis terhadap Yustus Corwing di Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat. Status John Kei dan komplotannya saat ini sudah menjadi tersangka.

Polisi juga sudah melakukan gelar rekonstruksi kasus John Kei di lima lokasi pada Rabu, 24 Juni 2020. Dalam perkembangannya, total sudah 40 orang lebih termasuk John Kei yang sudah diamankan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya