Bahas Cadar dan Celana Cingkrang, Anggota DPR: Pak Menteri Hati-hati

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro

VIVA – Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menggelar agenda rapat dengan Kementerian Agama Republik Indonesia, terkait masalah evaluasi anggaran tahun 2019 serta rencana program 2020 dan membahas isu yang hangat saat ini, termasuk soal cadar dan celana cingkrang.

MK Tolak Gugatan 01 dan 03, Demokrat: Selanjutnya Pak Prabowo Butuh Penguatan di Parlemen

Rapat Menteri Agama Fachrul Razi bersama Komisi VIII DPR ini merupakan yang pertama kali dilakukan. Isu yang diangkat dalam rapat itu, salah satunya soal  cadar dan celana cingkrang yang pernah diutarakan Fachrul.

Ketua Komisi VIII DPR, Yandri Susanto mengatakan, apa yang disampaikan oleh Menag berpotensi akan  menyakiti hati orang-orang yang sejak lama menggunakan cadar dan celana cingkrang, tapi setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Saldi Isra Sentil DPR: Jangan Lepas Tangan dari Masalah Pemilu

"Menurut kami Pak Menteri harus hati-hati. Bagaimana orang baik-baik selama ini merasa tersinggung dengan cadar," ujar Yandri di Nusantara II DPR Jakarta, Kamis, 7 November 2019.

Apalagi, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyatakan radikalisme tidak ada kaitannya dengan agama. "Menyimpulkan cadar dan cingkrang berkaitan dengan radikal tentu harus kita  kaji lebih dalam," ujarnya.

Cak Imin Blak-Blakan soal Maksud Posting Foto Bareng Dasco Gerindra

Sementara itu, Menag Fachrul Razi menyatakan, pihaknya akan menjelaskan secara rinci mengenai pernyataan pengaturan cadar dan celana cingkrang. "Saya rasa saya senang bapak mengangkatnya (isu cadar dan celana cingkrang) dan ini saya gunakan klarifikasi," ujar Fachrul Razi.

Proses Pemungutan suara pemilu 2024. (foto ilustrasi)

UU Pemilu Perlu Direvisi sebagaimana Pertimbangan MK, Menurut Anggota DPR

Anggota Komisi II DPR RI menyatakan sepakat bahwa UU Pemilu perlu dilakukan revisi sebagaimana yang terdapat dalam pertimbangan putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024