DKI Kucurkan Rp688 Juta Tebus Ijazah Siswa yang Ditahan Sekolah

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah.
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar GM

VIVA – Pemprov DKI mengucurkan dana hingga Rp688 juta untuk menebus ijazah yang ditahan dari 171 siswa di ibu kota yang berasal dari 79 sekolah swasta.

Ketua DPRD Singgung TGUPP Anies Baswedan yang Jadi Lawyer

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah mengatakan, anggaran dengan nilai Rp688.140.775, berasal dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas/Bazis) DKI.

"Dari 171 siswa hari ini (yang ijazahnya ditahan), kita selesaikan melalui Baznas Bazis DKI," ujar Saefullah di Blok G Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis, 19 Desember 2019.

Teken KUA-PPAS APBD DKI 2022 Rp84,88 Triliun, Anies: Naik 6,25 Persen

Saefullah menjelaskan, ditebusnya ijazah merupakan komitmen DKI membantu siswa dari PAUD hingga SMA yang mengalami hambatan, karena tidak mampu melunasi kewajiban ke sekolah. DKI melakukan verifikasi atas kebenaran para siswa tidak bisa mengambil ijazah mereka ke sekolah-sekolah.

"Uang ini hanya diterima sebentar, langsung diberikan ke sekolah, supaya ijazahnya bisa ditarik," ujar Saefullah.

Pandemi COVID-19 Picu Angka Putus Sekolah Naik Hingga 10 Kali Lipat

Saefullah juga menuturkan, DKI, memiliki komitmen memastikan pendidikan semua siswa di Jakarta lancar. DKI mengalokasikan hingga 26 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di sektor pendidikan, termasuk untuk berbagai program bantuan seperti Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus.

"Harusnya anak Jakarta ini tidak boleh putus sekolah, baik SMP dan SMA, apalagi SD. Karena Pemprov DKI Jakarta ini sudah mengalokasikan biaya pendidikannya 26 persen." [mus] 

Katy Perry.

15 Artis Hollywood Ini Sukses Meski Putus Sekolah dan Tak Kuliah

Deretan artis Hollywood sukses membangun karier dengan segudang karya yang diakui dunia. Mereka lebih memilih karier dibanding meneruskan pendidikan.

img_title
VIVA.co.id
15 Februari 2022