Detik-detik Longsor di Depok Menelan Satu keluarga

Evakuasi korban tewas akibat tanah longsor di Depok, Bogor, Rabu, 1 Januari 2020.
Sumber :
  • VIVAnews/Zahrul Darmawan

VIVA – Setelah lebih dari 11 jam, jenazah Amelia (27 tahun), salah satu korban yang rumahnya tertimbun longsor di Jalan Al Barokah RT 07, RW 01, Kelurahan Pangkalan Jati Baru, Kecamatan Cinere, Depok, Jawa Barat, akhirnya berhasil dievakuasi petugas pada Rabu sore, 1 Januari 2020.

Hari Kelima Pencarian Korban Longsor Humbahas: Nihil Jasad tapi Ditemukan Rahang Manusia

Berdasarkan catatan pihak berwenang, peristiwa itu menimpa satu keluarga. Tiga di antaranya meninggal dunia, sedangkan sisanya mengalami luka serius. Mereka yang mengembuskan nafas terakhir yakni, Rusminah (68 tahun), Amelia (27 tahun) dan Nizam (8 tahun).

Sementara korban selamat yakni, Bowo, Ade Istaqori dan M Ichsan (5 tahun) mengalami cedera. Seluruh korban telah berhasil dievakuasi petugas gabungan TNI, Polri, Damkar dan Tagana.

Lokasi Banjir di Simpang Mampang Kota Depok Jadi Waterboom Dadakan

"Kita semalam baru merayakan pergantian tahun dan hujan tidak berhenti sampai hari ini, sehingga banyak musibah banjir dan longsor. Saat ini kami ada di Cinere di mana ada satu rumah yang terkena longsoran dan menimpa enam penghuni. Tiga meninggal, satu luka, dan dua selamat," kata Kapolres Metro Depok, Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah saat meninjau langsung lokasi kejadian.

Longsor yang menimpa rumah tersebut terjadi sekira pukul 04:30 WIB. Saat itu sejumlah warga di lokasi kejadian mendengar teriakan minta tolong, setelah dicek ternyata bagian belakang rumah korban terkena longsor. 

Air Kali Cabang Tengah Meluap, Simpang Mampang Depok Banjir dan Jalanan jadi Macet

"Saya turut berduka sedalam-dalamnya dan berterima kasih pada rekan-rekan yang telah mengevakuasi korban," ujar Azis

Terkait dengan kejadian ini, Kapolres pun mengimbau warga yang berada di bantaran sungai atau tebing hendaknya tetap waspada, mengingat cuaca yang saat ini cukup ekstrem. 

"Masyarakat harus waspada terhadap kemungkinan banjir dan longsor, dan untuk warga yang rumahnya berada di lereng tebing agar menjauh ketika hujan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya