Banjir Surut, Giliran Lumpur Genangi Pemukiman Warga di Bekasi

Lumpur genangi perumahan Bekasi
Sumber :
  • VIVAnews/Dani

VIVA – Meski banjir surut, wilayah pemukiman penduduk di Kota Bekasi, Jawa Barat, kini direndam lumpur. Sudah hampir satu pekan lebih keberadaan lumpur itu masih berada di sekitar rumah warga.

Diduga Keracunan, Satu Keluarga Ditemukan Tewas Didalam Mobil

Salah satunya yang terjadi di Perumahan Pondok Mitra Lestari Jatiasih, Kota Bekasi. Pada Jumat 10 Januari 2020, kondisi lumpur masih menumpuk di jalan-jalan utama perumahan tersebut. Bahkan, sisaan lumpur juga masih merendam rumah-rumah warga.

“Masih banyak lumpurnya di rumah juga. Apalagi, kalau di jalan-jalan masih setinggi mata kaki ketebalan lumpurnya,” kata Andi Firdaus, Sekretaris RW 13 Perumahan Pondok Mitra Lestari, Jatiasih Jumat 10 Januari 2020.

Ratusan Rumah di Bekasi Terendam Banjir, Mayoritas Ditinggal Mudik Lebaran

Andi menambahkan, sekarang ini seluruh warga sudah melakukan kerja bakti yang diperbantukan pemerintah daerah. Hanya saja, alat yang dipakai warga untuk membersihkan sisaan lumpur masih minim. “Kami kekurangan pacul dan sekop,” katanya.

Sebelumnya, diakui Andi, air merendam pemukiman warga di Perumahan Pondok Mitra Lestari Jatiasih setinggi 1 meter. Luapan air Kali Bekasi itu dipicu karena jebolnya tanggul yang berada di belakang perumahan.

Banjir Belum Surut Hingga Malam di Kawasan Tegal Alur Jakarta Barat

Hal senada juga dikatakan, Erlin warga RW 8 Perumahan Pondok Gede Permai, Jatiasih. Menurut dia, keberadaan lumpur masih banyak meski sudah dibersihkan sejak banjir surut sepekan lalu. Akibatnya, jalan-jalan di perumahan menjadi licin. 

“Mau bersihin bagimana rumah, soalnya lumpur masih banyak di luar rumah,” katanya, Jumat 10 Januari 2020.

Perlu diketahui, wilayah Perumahan Pondok Gede Permai merupakan kawasan terparah saat banjir melanda Kota Bekasi pada Rabu 1 Januari 2020. Luapan Kali Bekasi merendam rumah warga mencapai 2 meter lebih. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya