Pejagalan dan Kebayoran Baru Tak Luput dari Genangan Banjir

Genangan banjir di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Sumber :
  • VIVAnews/Foe Peace Simbolon

VIVA – Wilayah Pejagalan, Jakarta Utara juga mengalami banjir buntut hujan deras semalam. Genangan air nampak di sekitar kantor RW 13 akibat luapan sumur warga yang tidak mampu menampung debit air.

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

Menurut Lurah Pejagalan, M Ichsan Firdaosy pihaknya telah melakukan perlambatan luapan sumur agar menahan air. Karung berisi pasir ditumpukan sebagai penahan arus air. 

Maka dari itu, dia menegaskan banjir bukan karena isu yang menyebut kalau tanggul Kali Angke jebol. Hingga saat ini, pihaknya melakukan upaya penyedotan dengan membuang air ke Kali Angke.

BPBD Ungkap Data Curah Hujan Eksrem yang Sebabkan Jakarta Banjir Hari Ini

"Genangan ada di sekitar Kantor RW 13 karena luapan sumur milik warga. Enggak ada tanggul jebol atau bocor. Genangan ini disebabkan luapan sumur yang berada di sisi tanggul. Semua warga terlibat dalam penanganan genangan ini. Kami berusaha agar sumur tak meluap kembali dan membuang air genangan ke Kali Angke," kata dia saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu 18 Januari 2020.

Banjir juga terjadi di Jalan Bujana Dalam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Namun, air sudah berangsur turun dan siang ini tinggi air hanya semata kaki orang dewasa. 

14 RT dan 15 Ruas Jalan di Jakarta Masih Terendam Banjir

Menurut salah seorang warga bernama Ade (45) pada pukul 05.30 WIB, ketinggian air di sana mencapai 50 centimeter. Saat ini petugas gabungan tengah menguras air. Warga juga berupaya membersihkan air yang sempat masuk ke sebagain rumah mereka.

“Air tadi pagi naik pukul 05.30 WIB, tingginya (airnya) sampai paha orang dewasa,” ucap Ade.
 

Petugas gabungan memasang bronjong mencegah banjir kali hek kramat jati

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

BPBD DKI Jakarta memasang bronjong atau tumpukan batu kali di Hek kawasan Kramat Jati, Jakarta Timur untuk menangani limpasan air atau banjir di daerah itu.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024