Sungai di Bekasi Bakal Dipasang Sirine Peringatan Dini Banjir

Sungai di Bekasi
Sumber :
  • VIVAnews/Dani

VIVA – Guna mengantisipasi musibah banjir kembali, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi mewacanakan pemasangan sirine di sepanjang aliran Kali Bekasi. Tindakan itu dinilai sebagai peringatan dini untuk pencegahan banjir.

Gedung Putih Sebut Serangan Iran terhadap Israel yang Gagal Memang Disengaja

"Ke depan rencana saya memang ingin pasang sirine di sepanjang aliran Kali Bekasi di sisi kiri dan sisi kanan," kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala BPBD Kota Bekasi, M Jufri, Kamis 23 Januari 2020. 

Jufri menambahkan, pemasangan sirine di aliran Kali Bekasi itu sebagai upaya perbaikan sistem peringatan diri bagi masyarakat yang ada di bantaran Kali Bekasi. Apalagi wilayah tersebut menjadi ancaman banjir kiriman. 

Diduga Bunuh Diri, Anton Bahrul Nekat Terjun ke Sungai Brantas

Sejauh ini, diakui Jufri, sistem peringatan dini sudah dilakukan melalui sinyal radio dan pesan WhatsApp. Meski sudah berlangsung efektif, tapi peningkatan pencegahan perlu ditingkatkan lagi.

Peringatan dini yang sudah berjalan itu, diakui Jufri melalui ketua RW dan RT setelah mendapat laporan dari Komunitas Peduli Sungai Cileungsi dan Cikeas (KP2C) soal tinggi muka air di pertemuan dua sungai. 

Ambil Air Wudhu di Parit, Pria Tua di Kubu Raya Diserang Buaya Muara

"Jadi pemberian sirine ini untuk melengkapi yang sekarang informasinya hanya dari pos pantau hulu, kemudian diinformasikan ke ketua RT dan RW melalui handphone dan HT (sinyal radio)," ujarnya.

Sebelumnya, daerah aliran Kali Bekasi menjadi yang terparah selama musim banjir di awal tahun 2020. Permukiman atau rumah yang dekat dengan sungai tersebut terendam setinggi 1 sampai 2 meter. 

Ilustrasi Gelombang Tinggi

BMKG Peringatkan Masyarakat Waspadai Hujan Badai di 27 Provinsi

BMKG mengingatkan masyarakat agar mewaspadai hujan badai atau hujan yang dapat disertai petir atau kilat di sejumlah titik di 27 provinsi di Indonesia pada Kamis.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024