Terungkap, Ini Jalan Keluar Atasi Banjir Jakarta

Bang Yos, saat tampil di acara spesial ulang tahun tvOne yang ke-12.
Sumber :
  • Youtube tvOneNews.

VIVAnews - Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso yang akrab disapa Bang Yos berbicara mengenai banjir di Jakarta di acara spesial ulang tahun tvOne yang ke-12 pada Jumat, 14 Februari 2020. Menurut Bang Yos, banjir Jakarta ada tiga macam.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

"Mengapa begitu, karena letak geografis Jakarta itu memang tidak ideal untuk sebagai sebuah ibu kota. Dia kota pantai tetapi flat, datar dengan pantainya," kata Bang Yos.

Salah satu kota yang memiliki perbedaan ekstrim dengan pantai adalah Istanbul. Di sana ada pantai, tapi kotanya di atas bukit.

Kemenangan Prabowo-Gibran Diharap Jadi Peluang Kembangkan Ekonomi Berbasis Laut

"Itu bedanya. Jadi tidak ada rob," kata Bang Yos.

"Nah kita rata. Karena itu banjir pertama adalah rob dari laut," lanjutnya.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Lantas, apa jalan keluarnya? Bang Yos mengatakan sudah ada buktinya yaitu membangun giant sea wall atau tanggul laut raksasa.

"Ini belum dibangun," ujarnya.

Bang Yos meneruskan 30 persen Jakarta ini di bawah air laut. Karena itu, hujan lokal pun banjir di tempat-tempat tertentu. "30 ini kan tidak menyatu. Mencar-mencar," ujarnya.

"Jalan ngatasinya gimana, disedot pakai pompa dibuang ke kali yang terdekat, dibuang ke laut," katanya lagi.

Kemudian, dia mengatakan yang paling sulit adalah banjir yang ketiga yaitu yang diakibatkan 13 sungai mengalir dari selatan menuju ke laut selat Jakarta. "Ini yang paling berat. Dan ini tidak bisa diselesaikan oleh gubernur DKI yang hanya di hilir saja," katanya.

Bang Yos menuturkan seandainya kali sudah normal, sudah dilebarkan, sudah mengalir deras. Lalu gorong-gorong, drainase primer, sekunder, lancar semua. Tapi tetap akan banjir apabila 13 sungai itu tidak dikendalikan dari selatan di daerah Bogor dan Banten.

"Nah, ini tidak bisa dijangkau gubernur DKI karena daerah orang lain. Sesuai uu, karena sungainya melalui dua atau tiga provinsi maka ini adalah kewenangan pemerintah pusat," katanya.

"Kita membangun waduk-waduk raksasa di selatan, paling nggak tiga, empat. Untuk apa, untuk membelokkan sungai sebelum masuk masuk Jakarta sebagai kantong air. Nah, yang masuk Jakarta distel pakai pintu air," tambah Bang Yos.

Selengkapnya soal pernyataan Bang Yos mengenai jalan keluar atasi banjir Jakarta, lihat video di bawah ini:

>
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya