Kali Cibeet Meluap, Ratusan Keluarga Mengungsi

Kali Cibeet, Bekasi, meluap. Ratusan keluarga mengungsi.
Sumber :
  • vivanews/Dani

VIVA – Sejumlah wilayah di Kabupaten Bekasi terendam banjir hingga 80 sentimeter pada Senin 24 Februari 2020. Akibatnya, warga Kampung Parunglesang RT 01 RW 04, Desa Pasiranji, Kecamatan Cikarang Pusat, terpaksa mengungsi. Air yang masuk ke rumah penduduk itu disebabkan luapan Kali Cibeet.

Banjir Demak Mulai Surut, Jokowi Kembali ke Jakarta

"Akibat banjir itu warga yang terdampak 200 kepala keluarga (KK) di sekitar Kali Cibeet," kata Anggota URC Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Sudomo Aris Munandar.

Aris menambahkan, ketinggian air yang merendam permukiman warga berkisar 30 sampai 80 sentimeter. Berdasarkan data sementara warga yang tinggal di kawasan itu terpaksa mengungsi. "Karena rumahnya terendam air sepinggang orang dewasa," ujarnya.

Jokowi Turun Langsung ke Demak Cek Perbaikan Tanggul yang Jebol

Untuk mengantisipasi korban akibat banjir, kata Aris, pihak BPBD sudah melakukan pemantauan langsung situasi terkini ketinggian air kali. Hingga Senin siang, air belum juga surut. 

"Debit air masih tinggi, belum surut. Tapi warga sudah banyak yang mengungsi," ujar Aris.

Anies Baswedan Kunjungi Korban Banjir di Sumatera Barat

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan aparatur pemerintah desa setempat untuk melakukan evakuasi para korban banjir. Termasuk menyediakan dapur umum para pengungsi.

"Saat ini yang dibutuhkan warga adalah kebutuhan dasar seperti sembako, perahu karet untuk melakukan evakuasi korban. Termasuk penyediaan tenda darurat," katanya.

Banjir di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu, 13 April 2024 akibat luapan Kali Bekasi

Ratusan Rumah di Bekasi Terendam Banjir, Mayoritas Ditinggal Mudik Lebaran

BNPB menyebut ratusan rumah di Bekasi, Jawa Barat, terendam banjir pada Sabtu, 13 April 2024, malam, akibat luapan Kali Bekasi

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024