BMKG: Banjir di Jakarta Akibat Curah Hujan Ekstrim

Anak-anak di Mangga Dua, Jakarta Barat, bermain-main di genangan banjir.
Sumber :
  • VIVAnews/ Suparjo Ramlan.

VIVAnews - Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Fachri Radjab, menyatakan dari hasil pengamatan yang instansinya lakukan, curah hujan yang terjadi di Jakarta sudah sangat tinggi intensitasnya, bahkan masuk kategori ekstrim. Kondisi itu kemudian menyebabkan banjir di DKI Jakarta.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

"Kami ada catatan, dalam beberapa tahun teakhir, 1950-sekarang, akhir-akhir ini, kondisi curah hujan ekstrim itu semakin terjadi," kata Fachri dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) di tvOne, Selasa, 25 Februari 2020.

Fachri mengatakan biasanya curah hujan ekstrim muncul pada 10-20 tahun. Tapi akhir-akhir ini sering terjadi.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

"Untuk semalam curah hujan 278 mili meter," kata Fachri lagi.

Dari hujan semalam, lanjut Fachri, BMKG menyimpulkan bahwa curah hujan ekstrim semakin sering terjadi dibanding sebelum-sebelumnya. Kedua, jumlah akumulasi hujan di wilayah hulu (Jakarta) lebih tinggi dibanding hilir (daerah sekitar Jakarta).

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

"Curah hujan ekstrim hari per hari yang turun di atas Jakarta itu lebih tinggi (dibanding daerah-daerah seperti Bogor)," katanya.

Fachri menambahkan untuk banjir hari ini, tidak terlalu dipengaruhi oleh kondisi pasang air laut. Dia memastikan faktor pemicu utamanya adalah curah hujan.

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Ketua DPRD Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyoroti persoalan banjir di Jakarta. Padahal, Jakarta punya anggaran untuk mengatasi banjir.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024