Menteri Basuki Bikin Rumah Pompa: Ibu Kota Tanggung Jawab Bersama

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono
Sumber :
  • VIVAnews / Eduward Ambarita

VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menyatakan penanganan banjir di Jakarta merupakan tanggung jawab bersama. Untuk itu, pihaknya berencana membuatkan pompa air di sejumlah wilayah di antaranya Sentiong dan Ancol.

Menteri Basuki dan Istri Bakal Pindah ke IKN Juli 2024, Jika...

Ia mengungkapkan, penyebab banjir di Ibu Kota beberapa hari belakangan karena kapasitas drainase tak mampu menampung tingginya volume air dan curah hujan.

"Sekarang sudah tender. Ini mau dibikin pintu kalau air laut pasang tidak bisa lagi masuk," kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 25 Februari 2020.

Jokowi Naikkan Tukin Kementerian PUPR, Menteri Basuki Bakal Dapat Segini

Basuki melanjutkan, programnya soal penanganan banjir itu bukan memisahkan tanggung jawab tugas dengan pemerintah daerah. Jika dalam kondisi darurat, semua instansi yang punya kepentingan berhak turun tangan membantu.

Ia menuturkan, kebiasaannya turun tangan sudah dijalankan sejak lama, dimulai saat memangku jabatan Kepala Seksi hingga menjadi Dirjen. "Kalau soal Ibu Kota negara semua bertanggung jawab, termasuk saya. Jangan dibeda-bedakan kewenangan karena ini Ibu Kota," kata dia.

Ke depan, menurut Basuki, pihaknya pun menyiapkan pompa mobile yang mudah bergerak ke sejumlah wilayah. Ia pun tengah berkomunikasi dengan Menteri BUMN Erick Thohir agar perusahaan- perusahaan plat merah membeli pompa mobile agar memudahkan penggunanya jika diperlukan.

"Jadi aset mereka, tapi saat begini akan jadi aset bersama," kata Basuki. (ren)

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Menteri PUPR: 61 Bendungan Bakal Rampung di Oktober 2024

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menargetkan pembangunan 61 bendungan yang ada di berbagai wilayah Tanah Air supaya bisa rampung sampai bulan Oktober 2024 mendatang.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024